PENERAPAN LEGITIEME PORTIE BERDASARKAN HUKUM WARIS BURGERLIJK WETBOEK / BW (studi kasus putusan Makamah Agung Reg no. 841/klPdtl2003)

SUSILOWATI, 031042199 (2012) PENERAPAN LEGITIEME PORTIE BERDASARKAN HUKUM WARIS BURGERLIJK WETBOEK / BW (studi kasus putusan Makamah Agung Reg no. 841/klPdtl2003). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-susilowati-26093-5.abst-i.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-susilowati-26093-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hukum waris perdata dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata termasuk dalam bidang hukum perdata yang memiliki sifat dasar, yaitu bersifat mengatur dan tidak ada unsur paksaan. Sebagai salah satu cabang hukum perdata yang bersifat mengatur, adalah apa saja yang dibuat oleh pewaris terhadap hartanya semasa ia masih hidup adalah kewenangannya. Terdapat dua cara untuk memperoleh warisan, mewaris berdasarkan Undang-undang, dan mewaris berdasarkan wasiat. Pennasalahannya adalah bagaimana Undang-undang melindungi hak legitieme portie dalam wasiat, serta apa yang menjadi hak legitimaris dan sebab legitimaris tidak mewaris. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis Nonnative, dalam pengumpulan data lebih ditekankan pada sumber bahan sekunder, berupa peraturan perundang-undangan, menelaah kaidah-kaidah hukum maupun teori ilmu hukum. Sedangkan spesifIkasi dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis penelitian yang bertujuan member gambaran yang lengkap dan jelas tentang penerapan Iegitieme partie berdasarkan hukum waris burgerlijk wetboekIBW. Mewaris berdasarkan Undang-undang terdapat bagian mutlak (legitieme portie), yaitu bagian untuk melindungi dari perbuatan pewaris dalam membuat wasiat yang" mengesampingkan" legitimaris. Undang-undang melindungi legitimaris dengan adanya hak untuk mengajukan gugatan ke pengadilan yang mendapatkan haknya dalam wasiat. Dalam mengajukan gugatan harus diperhatikan kedudukan mewaris legitimaris dengan adanya surat wasiat. Para ahli waris legitimaris berhak mengajukan tuntutan untuk memenuhi legitieme portie mereka melalui inkortinglpengurangan dari wasiat. Bahwa BW melindungi anak-anak sah pewaris, dengan mengajukan tuntutan untuk mendapatkan hak mutlaknya terhadap peninggalan yang jelas dilindungi oleh Undang-undang. Pengadilan juga harus menjalankan hukum seperti apa yang diatur dalam BW.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.118/12 Sus p
Uncontrolled Keywords: legitieme portie, hukum waris, burgerlijk wetboek, bw
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3367 The judiciary
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB632-636.2 Inheritance and succession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
SUSILOWATI, 031042199UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLisman Iskandar, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jul 2017 23:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37163
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item