POLITIK KESEJAHTERAAN (Studi tentang Dinamika Kekuasaan dalam Implementasi Kebijakan Politik APBD untuk Rakyat melalui Program Jalin Kesra di Pemprov Jatim)

ALFI YUSRON, 070944018 (2012) POLITIK KESEJAHTERAAN (Studi tentang Dinamika Kekuasaan dalam Implementasi Kebijakan Politik APBD untuk Rakyat melalui Program Jalin Kesra di Pemprov Jatim). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-yusronalfi-26685-8.abstr-t.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-yusronalfi-26685-21.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menguraikan dinamika kekuasaan dalam implementasi program Jalin Kesra Pemprov Jatim sebagai manifestasi APBD Pro Rakyat. Penguraian masalah ini dilakukan dengan penguraian dari masing-masing lembaga yang mempunyai kekuasaan untuk memainkan perannya dalam program Jalin Kesra, mulai dari lembaga eksekutif (Pemprov Jatim, Pemerintah Kabupaten Kecamatan dan Kepala Desa), lembaga legislatif, LSM, dan Pers. Penelitian ini juga tidak mengabaikan persepsi dari kelompok Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) sebagai penerima program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Jenis ini diarahkan untuk menunjukkan fakta atau kejadian secara sistematis dan akurat mengenai kondisi tertentu sebagaimana fokus penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Keduanya dilakukan secara terencana untuk mendapatkan data yang lengkap dan relevan. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan unit-unit analisis tertentu. Laporan penelitian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif secara rinci, dilengkapi dengan gambar maupun tabel sebagaimana ruang lingkup pembahasan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program Jalin Kesra yang diberikan kepada RTSM ternyata mampu menjadi manifestasi kebijakan APBD pro Rakyat dan berdampak pada peningkatan ketahanan kapabilitas sosial (2) Dalam implementasi Program Jalin Kesra terbukti terjadi dinamika politik antara eksekutif, legislatif, NGO dan pers sebagaimana peran kekuasaan politik masing-masing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TP 06/13 Yus k
Uncontrolled Keywords: Politik, Kesejahterahan, Dinamika Kekuasaan, Kebijakan Politik
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1468-1550 Social laws and legislation. Welfare. Charities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ALFI YUSRON, 070944018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Windyastuti Budi H, Dr., Drs., MAUNSPECIFIED
Thesis advisorPriyatmoko, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 07:44
Last Modified: 06 Sep 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37184
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item