DILEMA PERNYATAAN IDENTITAS ETNIS TIONGHOA MUSLIM DI SURABAYA

TATRI HANDAYANI, 070947021 (2012) DILEMA PERNYATAAN IDENTITAS ETNIS TIONGHOA MUSLIM DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-handayanit-26705-11.abst-k.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-handayanit-26705-21.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari rasa ketertarikan peneliti melihat realitas etnis Tionghoa Muslim di Indonesia dimana agama Islam membawa mereka pada suatu pilihan identitas yang problematik saat berinteraksi dengan masyarakat. Seringkali muncul dilema dalam diri etnis Tionghoa Muslim terkait dengan pilihan identitas yang mereka gunakan saat menyatakan identitasnya di masyarakat. Dilema pernyataan identitas itu muncul saat etnis Tionghoa Muslim berada dalam situasi yang mengharuskan mereka menentukan pilihan antara dua kemungkinan, cenderung untuk menonjolkan identitasnya sebagai Muslim atau identitasnya sebagai Tionghoa saat berinteraksi dengan orang lain dalam situasi tertentu. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini tentang pernyataan identitas Tionghoa Muslim dan berbagai macam dilema yang muncul saat etnis Tionghoa Muslim tersebut menyatakan identitasnya melalui teori konstruksi realitas sosial dari Peter L. Berger yang menekankan pada proses dialektika Berger yakni eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi, teori tentang konsep diri dari Charles H.Cooley, dan teori tentang multikulturalisme oleh Bhikhu Parekh. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif serta pendekatan kualitatif melalui informasi yang diperoleh dari lima orang informan etnis Tionghoa Muslim di Surabaya. Peneliti menentukan informan dengan metode purposive. Artinya, pengumpulan data dimulai dari beberapa orang yang memenuhi kriteria untuk dijadikan informan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam menggunakan pedoman wawancara dan juga penelusuran data. Data dari para informan itulah yang akan dikaji dan dianalisis melalui serangkaian metode dan prosedur penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnis Tionghoa Muslim menyatakan identitasnya dipengaruhi oleh latar belakang kehidupan masingmasing informan dengan karakteristik dan keunikan yang berbeda. Lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja sedikit banyak akan mempengaruhi etnis Tionghoa Muslim saat ingin menyatakan identitasnya dengan pilihan identitas sebagai Tionghoa dan Muslim. Pilihan identitas tersebut seringkali membawa mereka pada suatu dilema. Namun, pada akhirnya dengan pengalaman dilema yang mereka rasakan, mereka pun mempelajari dan memahami bahwa menjadi seorang Tionghoa Muslim itu merupakan suatu kebanggaan dan tidak seharusnya dilema itu muncul saat mereka berinterkasi dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSO. 01/13 Han p
Uncontrolled Keywords: Chinese Muslim, identities, the dilemma of identity statements
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
TATRI HANDAYANI, 070947021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHotman M. Siahaan, Prof., Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorDoddy S. Singgih, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 05:50
Last Modified: 06 Sep 2016 05:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item