ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN TRANSFORMASI STRUKTURAL DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2000-2010

ANITA ROOSMAWARNI, 041144006 (2013) ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN TRANSFORMASI STRUKTURAL DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2000-2010. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-roosmawarn-26728-9.abstr-k.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-roosmawarn-26728-23.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam kerangka pencapaian tujuan pembangunan ekonomi daerah dibutuhkan kebijakan pembangunan yang didasarkan pada karakteristik daerah (endogenous development), dengan memanfaatkan potensi-potensi sumberdaya lokal. Identifikasi sektor ekonomi yang potensial (basis) menjadi kebutuhan bagi optimalisasi proses dan keberhasilan pembangunan ekonomi, dimana proses tranformasi struktural sedang terjadi di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sektor-sektor ekonomi yang menjadi basis di masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dan untuk mengetahui struktur pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota baik secara sektoral maupun secara agregat terhadap Provinsi Jawa Timur. Terjadinya transformasi struktural sedikit banyak akan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Location Quetiont (LQ), Model Rasio Pertumbuhan (MRP), analisis overlay, dan analisis Shift Share. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sektor jasa merupakan sektor yang menjadi basis di hampir 30 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Pertumbuhan sektor pertanian, sektor indutri pengolahan, dan sektor bangunan cenderung mengalami perlambatan sebaliknya semua sektor tersier yang meliputi : sektor perdagangan, hotel, dan restoran; sektor pengangkutan dan komunikasi; sektor keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan; dan sektor jasa cenderung mengalami pertumbuhan yang positif. Sektor perdagangan, hotel, dan restoran merupakan sektor dengan pertumbuhan tertinggi yang terjadi di 33 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Hasil analisis shift share menunjukkan bahwa di Provinsi Jawa Timur sedang terjadi transformasi struktural yang ditandai dengan menurunnya peranan sektor pertanian, dan semakin meningkatnya peranan sektor jasa. Kondisi ini sekaligus bertentangan dengan teori Kuznets yang menyatakan bahwa proses transformasi struktural ditandani dengan bergesernya pernanan sektor pertanian ke sektor industri manufaktur, dan selanjutnya ke sektor jasa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TE. 06/13 Roo a
Uncontrolled Keywords: LQ, MRP, and structural transformation
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANITA ROOSMAWARNI, 041144006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSoekarnoto, Dr., S.EUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 00:46
Last Modified: 06 Sep 2016 00:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37214
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item