EVALUASI STRATEGI BERSAING UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE STUDI KASUS: PT POLOWIJO GOSARI

CAECILIA RIRIS WIDYANTARI, 041043137 MM (2013) EVALUASI STRATEGI BERSAING UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE STUDI KASUS: PT POLOWIJO GOSARI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-widyantari-26756-9.abstr-k.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-widyantari-26756-19.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri pupuk di Indonesia khususnya pupuk magnesium-based dan pupuk majemuk telah berkembang pesat yang ditunjukkan dengan semakin banyaknya jumlah produsen pupuk di Indonesia. PT Polowijo Gosari adalah salah satu badan usaha swasta nasional yang bergerak di bidang pupuk yang memproduksi pupuk magnesium-based dan terus mengembangkan produk & pasarnya dengan memproduksi pupuk majemuk. PT Polowijo Gosari awalnya merupakan pioneer yang mendominasi pasar pupuk magnesium-based. Namun kurang responsifnya perusahaan dalam merespon pertumbuhan kebutuhan pasar telah membuka peluang bagi munculnya pendatang baru yang mulai mengancam keunggulan kompetitif perusahaan. Sementara di sisi lain, intensitas persaingan di pasar pupuk majemuk untuk sub sektor perkebunan juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Dalam kurun waktu tahun 2002-2011, rata-rata prosentase pertumbuhan laba bersih perusahaan mengalami pertumbuhan negatif dan cenderung fluktuatif. Tren pertumbuhan laba perusahaan tidak sejalan dengan tren pertumbuhan kebutuhan pasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memformulasikan kembali strategi bersaing PT Polowijo Gosari untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan strategi riset studi kasus, karena penelitian ini merupakan investigasi secara mendalam atas fenomena alamiah yang terjadi di PT Polowijo Gosari, dimana hasil penelitian ini lebih menekankan pada makna dan bukan generalisasi. Interpretasi atas seluruh hasil temuan kualitatif yang didukung dengan analisis EFE Matrix, VRIO Framework, IFE Matrix, dan IE Matrix menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada dalam kuadran Harvest/Divest yang menggambarkan bahwa strategi bersaing yang dipilih dan diterapkan PT Polowijo Gosari kurang tepat karena tidak memenuhi kriteria consonance, advantage, dan feasibility. Sejalan dengan analisis tersebut, hasil GE/McKinsey Multi-Factor Portfolio Analysis menunjukkan secara lebih terperinci posisi dan rekomendasi pilihan strategi bersaing bagi masing-masing produk berdasarkan market attractiveness index dan competitive position index sebagai berikut: Harvest: pupuk Dolomit, Sulfomag, dan Kalphos; Monetize: pupuk NPK Tablet/Briket dan NPK Granule; Protect Position: pupuk Super Dolomit; Improve Position: pupuk Dolomit Premium; Invest to Grow & Improve Position: pupuk Magplus

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 MM. 09/13 Wid e
Uncontrolled Keywords: Competitive Strategy/Business Strategy, Sustainable Competitive Advantage, IE Matrix, GE/McKinsey Multi-Factor Portfolio Analysis, and Fertilizer Industry.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
CAECILIA RIRIS WIDYANTARI, 041043137 MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 00:48
Last Modified: 06 Sep 2016 00:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item