PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMAK ST LOUIS 1 SURABAYA

RIO ANINDITA PRATAMA, 041043082 MM (2013) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMAK ST LOUIS 1 SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-pratamario-26761-11.abst-i.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-pratamario-26761-1.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh masing-masing variabel bebas gaya kepemimpinan transformasional dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan motivasi sebagai variabel intervening. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan metode observasi berdasarkan keadaan di lapangan serta wawncara dengan responden. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian adalah analisa Partial Least Square dengan menggunakan SmartPLS. Hasil dari penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan transformasional secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan Nilai T-statistics 2,342, gaya kepemimpinan transformasional secara signifikan berpengaruh positif terhadap motivasi dengan Nilai T-statistics 2,508, lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan Nilai T-statistics 0,012, lingkungan kerja secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi dengan Nilai Tstatistics 6,033, motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan Nilai T-statistics 1,474. Rekomendasi dari penelitian adalah; (i) Gaya kepemimpinan transformasional merupakan hal penting untuk meningkatkan motivasi dan kinerja Guru SMAK St Louis 1 Surabaya, (ii) Variabel lingkungan kerja dan motivasi terbukti tidak berpengaruh terhadap kinerja Guru di SMAK St Louis 1 Surabaya, (iii) Lingkungan yang nyaman dan mendukung suasana kerja dapat meningkatkan motivasi kerja, (iv) Mengembangkan lebih jauh model yang dilakukan peneliti dengan menambahkan variabel lain yang masih erat hubungannya, misalnya variabel budaya organisasi, kompetensi, ataupun dengan indikator-indikator lain, (v) Sedapat mungkin peneliti yang akan datang hendaknya melakukan kuesioner untuk PKG (Penilaian Kinerja Guru) sehingga nantinya akan didapatkan instrument yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 MM. 14/13 Pra p
Uncontrolled Keywords: Transformational Leadership, Work Environment, Motivation and Teacher Performance
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RIO ANINDITA PRATAMA, 041043082 MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTatik Suryani, Prof., Dr., MM., PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 00:53
Last Modified: 06 Sep 2016 00:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item