PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN DAN KINERJA PEMASOK PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF ASTRA

HARDI, 041141005 (2013) PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN DAN KINERJA PEMASOK PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF ASTRA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-hardi-26774-6.abstr-s.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-hardi-26774-1.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai sebuah kelompok perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, grup Astra menjalin kemitraan dengan pembuat komponen atau pemasok. Pemasok berkategori Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk komponen sepeda motor mencapai 94% sedangkan komponen mobil mencapai 60%. Salah satu bentuk kemitraan yang dilakukan grup Astra adalah dalam bentuk berbagi pengetahuan dengan pemasoknya, namun belum terdapat bukti empiris yang menunjukkan bahwa hubungan yang selama ini terjalin meningkatkan kinerja dari pemasoknya. Berdasarkan konsep modal sosial, penelitian ini berargumentasi bahwa modal hubungan relasional akan berpengaruh positif terhadap berbagi pengetahuan dan kinerja para pemasok. Lebih lanjut, pengaruh tersebut akan menguat bilamana pemasok memiliki ketergantungan yang rendah terhadap grup Astra dan melemah bila kondisi sebaliknya. Menggunakan survei yang dilakukan pada pemasok, hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari modal hubungan terhadap berbagi pengetahuan dan kinerja pemasok. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa modal hubungan dibentuk oleh modal kognitif dan modal interaksional. Hasil analisa selanjutnya menunjukkan bahwa ketergantungan tidak memoderasi pengaruh modal hubungan terhadap berbagi pengetahuan dan kinerja pemasok. Implikasi manajerial dan akademis lebih lanjut dibahas dalam tulisan ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSM. 15/13 Har p
Uncontrolled Keywords: social capital, cognitive capital, structural capital, relational capital, knowledge sharing, supplier performance
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HARDI, 041141005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 05:36
Last Modified: 06 Sep 2016 05:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37234
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item