STUDI ALOKASI WAKTU PERILAKU HARIAN DIURNAL BURUNG AIR FAMILI ARDEIDAE DALAM ADAPTASI PENGGUNAAN HABITAT YANG SAMA DI TAMBAK WONOREJO SURABAYA

Lukman Nurdini, 081041002 (2013) STUDI ALOKASI WAKTU PERILAKU HARIAN DIURNAL BURUNG AIR FAMILI ARDEIDAE DALAM ADAPTASI PENGGUNAAN HABITAT YANG SAMA DI TAMBAK WONOREJO SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-nurdiniluk-26779-6.abstr-k.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-nurdiniluk-26779-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Daerah pertambakan Wonorejo yang dipakai oleh masyarakat setempat untuk memelihara ikan dan udang sering dijadikan tempat beristirahat dan mencari makan oleh kelompok burung air. Keberadaan mangrove di daerah ini juga berperan dalam menyediakan sumber pakan dan tempat beristirahat bagi jenis-jenis burung air Ardeidae. Dengan tersedianya faktor-faktor tersebut maka perlu adanya penelitian untuk mengetahui perilaku harian pada burung-burung tersebut, selain itu faktor-faktor interaksi yang dapat mengganggu kelestarian burung air Ardeidae juga dapat diketahui untuk dapat dihindari. Informasi tersebut akan membantu dalam usaha menjaga keanekaragaman hayati di Kota Surabaya. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui perubahan keanekaragaman dan kelimpahan burung air Ardeidae selama rentang waktu 14 tahun terakhir yang dilakukan oleh Nurdini (2010) dan Arifin (1998). Pengamatan perilaku dilakukan dengan metode Focal Animal Sampling (Altman, 1973) yaitu pengamatan perilaku hewan beserta interaksinya dalam suatu waktu tertentu, pada metode ini semua aktivitas dari individu maupun kelompok terpilih dicatat. Pengambilan data perilaku harian dilakukan sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Terdapat tujuh jenis burung air Ardeidae yang tercatat perilaku hariannya dalam penelitian ini, yaitu Casmerodius alba, Ardea purpurea, Mesophoyx intermedia, Egretta eulophotes, Egretta garzetta, Ardeola speciosa, dan Butorides striata. Jumlah waktu perilaku yang didapat selama penelitian ini sebanyak 223 jam 56 menit dengan persentase terbanyak adalah waktu perilaku makan (50,01%). Perilaku makan menjadi perilaku yang dominan pada lima jenis (Casmerodius alba, Egretta eulophotes, Egretta garzetta, dan Ardeola speciosa) dan perilaku diam sebagai perilaku dominan pada dua jenis lainnya (Mesophoyx intermedia dan Butorides striata). Tercatat pola mencari makan yang berbeda pada ketujuh jenis, yaitu aktif mencari makan dari pagi hingga sore hari dengan waktu terbanyak pada pagi hari dengan sedikit penurunan pada siang hari yaitu pada Casmerodius alba, Egretta eulophotes, Egretta garzetta, dan Ardeola speciosa. Aktif pada pagi dan sore hari saja dengan penggunaan waktu siang sebagai waktu untuk melakukan perilaku individu seperti menelisik bulu tercatat pada Mesophoyx intermedia. Sedangkan pada Ardea purpurea dan Butorides striata tercatat melakukan aktivitas makan pada pagi hingga sore hari namun dengan catatan waktu terbanyak pada sore hari. Pada masing-masing jenis burung air Ardeidae yang tercatat dalam penelitian ini terdapat perbedaan morfologi yang menjadi pembeda antara satu jenis dengan jenis lainnya. Selain sebagai pembeda, perbedaan morfologi tersebut (ukuran paruh, kaki, dan tubuh) mempengaruhi lokasi mencari makan pada setiap jenis. Perbedaan lokasi mencari makan dipengaruhi oleh kedalaman air yang merendam tambak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC. KK TB. 02/13 Nur s
Uncontrolled Keywords: waterbird of Ardeidae, diurnal daily behaviour, Wonorejo's fishponds of Surabaya.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH540-549.5 Ecology
Q Science > QL Zoology > QL671-699 Birds
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi (S2)
Creators:
CreatorsNIM
Lukman Nurdini, 081041002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Irawan, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorSucipto Hariyanto, Dr., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 11 Aug 2016 03:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item