MODAL SOSIAL DALAM KELOMPOK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi Tentang Proses Terbentuknya Modal Sosial Kelompok Pemerhati Anak dan Perempuan "Crisis Center Cahaya Mentari" di Kecamatan Sawahan Surabaya dalam Perspektif Teori Pertukaran Sosial)

Rudy Rapang Rembon, 071147018 (2013) MODAL SOSIAL DALAM KELOMPOK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi Tentang Proses Terbentuknya Modal Sosial Kelompok Pemerhati Anak dan Perempuan "Crisis Center Cahaya Mentari" di Kecamatan Sawahan Surabaya dalam Perspektif Teori Pertukaran Sosial). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-rembonrudy-26823-10.abst-k.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-rembonrudy-26823-1.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tidak banyak kelompok swadaya masyarakat di perkotaan yang bertahan dan eksis seperti kelompok Crisis Center Cahaya Mentari di Kecamatan Sawahan, Surabaya. Kelompok ini menarik bagi peneliti karena mulai dibentuk oleh ibu-ibu rumah tangga biasa dan kemudian menangani berbagai kasus-kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan di daerah Kecamatan Sawahan, Surabaya. Modal sosial yang dimiliki oleh kelompok ini menjadi kunci eksistensi mereka. Dalam penelitian ini dibahas bagaimana terbentuknya modal sosial yaitu kepercayaan, nilai atau norma dan jaringan sosial melalui interaksi-interaksi individu didalam kelompok. Kemudian bersinergi dengan modal-modal lainnya yang dipakai sebagai pengikat untuk menghubungkan sumber daya lainnya. Teori yang digunakan untuk menganalisa proses terbentuknya modal sosial dalam kelompok Crisis Center Cahaya Mentari adalah Teori Pertukaran Sosial dari George C. Homans. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, didapatkan hasil bahwa terbentuknya modal sosial tidak terlepas dari proses interaksi-interaksi sosial antar individu. Dalam proses tersebut terjadi pertukaran-pertukaran yang memberi ganjaran bagi individu-individu yang terlibat. Seperti peningkatan pengetahuan, pengalaman, jaringan sosial, penghargaan dari berbagai pihak, dimudahkan dalam hal materi maupun non materi dan secara moral mereka merasa ada kepuasan tersendiri karena bisa menolong orang lain. Proses inilah yang membentuk dan memperkuat modal sosial yang dimiliki oleh individu-individu yang terlibat didalam kelompok Crisis Center Cahaya Mentari.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSO. 09/13 Rem m
Uncontrolled Keywords: Social Interactions, Social Capital, Social Exchange
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Rudy Rapang Rembon, 071147018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 09 Aug 2016 10:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37244
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item