SUSTAINABILITY STRATEGY L'OREAL PASCA AKUISISI THE BODY SHOP DALAM PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN

PUTU RATIH KUMALA DEWI, 071045015 (2013) SUSTAINABILITY STRATEGY L'OREAL PASCA AKUISISI THE BODY SHOP DALAM PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-dewiputura-26911-9.abstr-k.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-dewiputura-26911-1.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Isu keberlanjutan (sustainability) telah merambah dunia bisnis. Salah satu perusahaan yang menekankan sustainability dalam pelaksanaan bisnis dan strateginya yakni The Body Shop. Keberlangsungan penerapan strategi sustainability The Body Shop menjadi pertanyaan ketika The Body Shop diakuisisi oleh L’Oreal pada tahun 2006. Memang akuisisi terhadap suatu perusahaan bukan pertama kali ini dilakukan oleh L’Oreal. Namun dibandingkan dengan akuisisi yang pernah dilakukannya, L’Oreal mengambil keputusan dan perlakuan yang sama sekali berbeda terhadap The Body Shop.Selain itu yang menjadi pokok perhatian yakni pasca akuisisi L’Oreal menerapkan sustainability strategy pada L’Oreal. Ini merupakan anomali dalam dunia bisnis karena pada umumnya perusahaan pengakuisisi menerapkan prinsip dan strateginya pada perusahaan terakuisisi. Namun ini justru sebaliknya, perusahaan pengakuisisi menerapkan prinsip dan strategi yang diadopsi dari perusahaan terakuisisi. Ini menimbulkan pertanyaan mengapa L’Oreal mengakuisisi The Body Shop dan bagaimana kinerja L’Oreal pasca akuisisi tersebut. Untuk menjelaskan masalah tersebut, penulis mencoba menghubungkan kerangka teoritik, yaitu globalisasi dan sustainability ; sustainability dan multinational corporations; akuisisi dan sustainability; dan sustainability dan kinerja perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pembuktian hipotesis yang telah disusun penulis, yaitu L’Oreal mengakuisisi TBS dikarenakan prinsip sustainability yang diterapkan TBS pada strategi perusahaan. Selanjutnya L’Oreal juga memasukkan prinsip sustainability dalam strategi perusahaannya dan mengubah strategi bisnisnya dengan menggunakan sustainability strategy. Penerapan sustainability strategy oleh L’Oreal mengakibatkan peningkatan kinerja perusahaan pada L’Oreal, baik kinerja ekonomi maupun non ekonomi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 THI 13/13 Dew s
Uncontrolled Keywords: L'Oreal, The Body Shop, Akuisisi, Sustainability, Sustainability Strategy, Kinerja Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
PUTU RATIH KUMALA DEWI, 071045015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBLS. Wahyu Wardhani, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
ContributorDini S. Rahim, MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 09 Aug 2016 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37258
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item