PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

FRENKY YUSUF, 090810652 (2013) PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-yusuffrenk-26955-10.bab-n.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-yusuffrenk-26955-1.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Profitabilitas berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Pembayaran dividend merupakan arus kas keluar bagi perusahaan, karena itu perusahan harus bisa menyediakan uang kas yang cukup banyak didukung oleh peningkatan laba bersih perusahaan. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Perusahaan yang pihak manajemenya tidak menerima pembagian saham mengakibatkan mereka tidak dapat melakukan kontrol atas cash flow untuk mengurangi biaya agency yang sering terjadi karena tindakan yang memunculkan biaya yang dikeluarkan tidak untuk kepentingan perusahaan Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perushaan. Nilai perusahaan tergantung semata-mata pada pendapatan yang dihasilkan oleh aktivanya, bukan pada bagaimana pendapatan tersebut dibagi diantara dividen dan laba yang ditahan. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perushaan. Manajerial dengan tingkat kepemilikan saham yang rendah (minoritas) memiliki kecenderungan yang lemah dalam mengawasi kinerja manajemen dan tidak memiliki kepentingan dalam hal insentif ekonomis dalam jangka pendek untuk meningkatkan abnormal return saham. Kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perushaan diditerima. Kebijakan pembayaran dividen merupakan suatu kebijakan yang mahal, karena perusahaan harus menyediakan dana yang besar untuk keperluan itu. Hanya perusahaan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi dan prospek ke depan yang cerah, yang mampu untuk membagikan dividen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TEA. 17/13 Yus p
Uncontrolled Keywords: profitability, managerial ownership, devidend policy and firm value
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
FRENKY YUSUF, 090810652UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus WIdodo MardijuwonoUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 22 Aug 2016 01:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item