STUDI PENERIMAAN PENONTON TERHADAP LIFE STYLE DALAM DRAMA KOREA (K-DRAMA)

Megawati Wahjudianata, 070946038 (2013) STUDI PENERIMAAN PENONTON TERHADAP LIFE STYLE DALAM DRAMA KOREA (K-DRAMA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-wahjudiana-27220-5.abstr-k.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-wahjudiana-27220-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Populernya K-Drama di berbagai belahan dunia merupakan sebuah fenomena tersendiri bagi dunia hiburan. K-Drama tidak hanya memenuhi kebutuhan hiburan akan tontonan, tapi juga dikonsumsi oleh para penikmatnya sebagai sebuah life style. Penelitian ini mencari tahu penerimaan penonton terhadap life style dalam K-Drama. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode reception analysis milik Stuart Hall. Peneliti juga menganalisa berdasarkan teks, konteks dan intertektualitas. Dalam pelaksanaannya, ada 4 orang informan yang akan ditelaah penerimaannya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa para informan merupakan active interpreter, dimana semuanya melihat ada 6 life style dalam K-Drama, yaitu (1) gaya hidup keluarga (Family life style), (2) gaya hidup percintaan (Love life style), (3) gaya hidup pribadi setiap tokoh (Personal / character life style), (4) gaya hidup busana & tata rias (Fashion & make-up life style), (5) gaya hidup penggunaan teknologi (Technology life style), (6) gaya hidup sosial (Social life style). Berdasarkan perpaduan kategorisasi milik Stuart Hall dan 6 life style, ditemukan bahwa ada 18 penerimaan dominan, 4 penerimaan negosiasi, dan 2 penerimaan oposisi. Pemaknaan tersebut diberikan oleh informan berdasarkan faktor kontekstual mereka, yaitu (1) Pengetahuan, (2) Pengalaman, (3) Kebutuhan/keinginan/impian, (4) Karakter, (5) Profesi atau peran, dan (6) Kondisi geografis. Menariknya, informan yang memiliki banyak pengetahuan tentang Korea dan pengalaman langsung dengan orang Korea, dapat menjelaskan lebih detail dan cenderung membandingkan dengan kenyataan antara hidup orang Korea dengan yang ditampilkan dalam K-Drama. Sedangkan, informan yang mengetahui Korea hanya dari K-Drama, cenderung memberikan penerimaannya berdasarkan pengetahuan dari K-Drama lain, aturan keluarga, prinsip hidup dan juga kebutuhan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.24/13 Wah s
Uncontrolled Keywords: Reception Analysis, Stuart Hall, Life Style, K-Drama, Drama Korea
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Megawati Wahjudianata, 070946038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenry Subiakto, Dr., S.H., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 04 Sep 2016 11:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item