PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, TIME BUDGET PRESSURE, DAN AUDIT FEE TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SURABAYA

OCTAVIANA ARISINTA, 041142010 (2013) PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, TIME BUDGET PRESSURE, DAN AUDIT FEE TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-arisintaoc-27242-5.abstr-k.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-arisintaoc-27242-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Profesi akuntan publik merupakan profesi kepercayaan masyarakat, karena akuntan publik bertanggungjawab untuk menaikkan tingkat keandalan laporan keuangan perusahaan, sehingga masyarakat memperoleh informasi laporan keuangan yang andal sebagai dasar pengambilan keputusan. Dengan adanya kasus keuangan yang menimpa banyak perusahaan yang ikut melibatkan akuntan publik, membuat akuntan publik harus memperhatikan kualitas audit yang dihasilkannya. Karena dalam kualitas audit yang baik akan dihasilkan laporan auditan yang mampu menyajikan temuan dan melaporkan dengan sesungguhnya tentang kondisi keuangan kliennya. Kualitas audit, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang sangat penting peranannya dalam menentukan kualitas audit tersebut diantaranya adalah kompetensi, independensi, time budget pressure, dan audit fee. Oleh karena itu maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kompetensi, independensi, time budget pressure, dan audit fee terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Surabaya, karena Kantor Akuntan Publik di Surabaya sangat banyak maka penentuan sampelnya berdasarkan semua populasi berukuran 81 auditor. Untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis diskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi, independensi, time budget pressure, dan audit fee berpengaruh terhadap kualitas audit. Pengaruh yang ditimbulkan bersifat positif. Oleh karena itu baik auditor maupun Kantor Akuntan Publik (KAP) diharapkan dapat meningkatkan kualitas auditnya. Untuk meningkatkan kualitas audit diperlukan adanya peningkatan kompetensi para auditor yakni dengan pemberian pelatihan-pelatihan serta diberikan kesempatan kepada para auditor untuk mengikuti kursus-kursus atau peningkatan pendidikan profesi. Untuk meningkatkan independensi, auditor yang mendapat tugas dari kliennya diusahakan benar-benar independen, tidak mendapat tekanan dari klien dan tidak memiliki perasaan sungkan dengan kliennya sehingga dalam melaksanakan tugas auditnya benar-benar objektif dan dapat menghasilkan audit yang berkualitas. Selain itu para auditor diharapkan dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan karena untuk menghindari adanya tekanan waktu yang dapat mempengaruhi kualitas audit dan besar kecilnya audit fee yang diterima diharapkan tidak mempengaruhi auditor dalam melaksanakan tugasnya yang nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas audit yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 29/13 Ari p
Uncontrolled Keywords: Competence, Independence, Time Budget Pressure, Audit Fee, and Audit Quality
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
OCTAVIANA ARISINTA, 041142010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Soegeng Soetedjo, Prof., Dr., SE., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 04 Sep 2016 10:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37346
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item