PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS KRISIS LISTRIK

TRI BUDI UTOMO, 030315795 (2009) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS KRISIS LISTRIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-utomotribu-10330-fh1070-k.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2009-utomotribu-9936-fh10709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah menerapkan program penghematan energi karena adanya Krisis Listrik yang terjadi saat ini, program penghematan tersebut yaitu dengan melakukan pemadaman listrik bergilir dengan pola acak pada tiap wilayah di Indonesia, pengalihan jam kerja dan program multiguna. Program-program penghematan tersebut bertujuan agar penggunaan listrik yang dikeluarkan oleh PT.PLN dapat digunakan seefisien mungkin, namun Pemerintah (yang diwakilkan oleh PT.PLN) dalam menerapkan program penghematan tersebut selalu kontradiktif dengan pelanggan PT.PLN. Akibatnya banyak yang meragukan kapasitas kemampuan PT.PLN sebagai pemegang tunggal Penyedia Listrik di Indonesia. Selain itu PT.PLN juga menerapkan program multiguna, yaitu pemberlakuan tarif Intensif (pemberian potongan pembayaran) dan tarif Disintensif (denda) yang berpatokan dengan tarif rata-rata nasional, namun pemberlakuan tarif tersebut juga dirasakan kurangnya sosialisasi PT.PLN terhadap program penghematan tersebut, sehingga pelanggan PT.PLN banyak yang merasa kecewa. Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pelanggan PT.PLN dalam memanfaatkan listrik adalah dengan melakukan gugatan, gugatan dapat dilakukan di pengadilan negeri terdekat dengan domisili konsumen, atau gugatan dapat dilakukan dengan cara diluar pengadilan (non-litigasi) yang melalui BPSK terdekat dengan domisili konsumen, pemilihan tersebut bertujuan agar konsumen tidak berjauhan dengan tempat BPSK yang dipilih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH107/ 09 Uto P
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum, konsumen, krisis listrik
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K133 Legal aid. Legal assistance to the poor
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
TRI BUDI UTOMO, 030315795UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang Sugeng Ariyadi S, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 03:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37492
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item