REPRESENTASI ANAK INDONESIA KONTEMPORER DI TELEVISI

Inri Inggrit Indrayani, 090510859 L (2008) REPRESENTASI ANAK INDONESIA KONTEMPORER DI TELEVISI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2009-indrayanii-10458-tsk01-0-r.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2009-indrayanii-9966-tsk0109.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini melakukan eksplorasi terhadap identitas anak Indonesia kontemporer yang direpresentasikan dalam program televisi, Surat Sahabat di Trans TV. Guna menggali tanda-tanda yang dipakai oleh media untuk memaknai identitas anak Indonesia kontemporer maka penelitian ini menggunakan metode semiotika diskurif. Analisa secara semiotika berguna untuk menelusuri dan mengidentifikasikan tanda-tanda atau codes yang ditampilkan secara visual untuk menggambarkan anak Indonesia kontemporer. Daniel Chandler melakukan pembagian dalam mengamati sistem tanda dalam sebuah teks melalui tiga tahap. Pada tahap pertama dengan melihat tanda secara social, kemudian textual dan pada tahap akhir yaitu interpretative. Tahap interpretative codes dilakukan melalui visual perception beserta ideological codes yang terdapat dalam teks. Oleh karenanya, pada tahap selanjutnya dalam penelitian ini, peneliti juga akan mengungkapkan atau membongkar konteks atau diskursus yang ditemukan di balik teks. Representasi yang dilakukan terhadap anak-anak Indonesia dalam program Surat Sahabat memunculkan gambaran sebuah identitas yang tertangkap melalui penampilan fisik, relasi dengan budaya sampai pada interaksi dengan lingkungan lokal mereka. Temuan yang diperoleh dengan analisa semiotika diskursif menghasilkan gambaran anak Indonesia yang sangat identik dengan karakteristik sosio kultural masyarakat majemuk yang mendiami kawasan Timur dunia. Identitas keIndonesiaan yang dikonstruksi dalam program ini juga memunculkan rumusan identitas bangsa yang unik, sebagai simbol lahirnya akulturasi budaya yang semakin mewarnai wajah Indonesia yang pluralis. Pada akhirnya, bahasa merupakan media untuk memupuk nasionalisme sekaligus menjadi semangat untuk mengidentifikasikan identitas diri sebagai ciri khusus atau pembeda dengan yang lain ditengah tantangan menjadi sebuah bangsa negara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 01/09 Ind r
Uncontrolled Keywords: Anak, Representasi, Identitas, Nasionalisme.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Inri Inggrit Indrayani, 090510859 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra., M.A., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 18:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37495
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item