TINDAK PIDANA DIBIDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK YANG BERMUATAN PENGHINAAN DAN PENCEMARAN NAMA BAIK

Nurhandini Kristanti (2009) TINDAK PIDANA DIBIDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK YANG BERMUATAN PENGHINAAN DAN PENCEMARAN NAMA BAIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2010-kristantin-12486-th0210-k.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Munculnya sejumlah kasus yang cukup fenomenal di dunia internet telah mendorong dan mengukuhkan internet sebagai salah satu institusi dalam arus utama (mainstream) budaya dunia saat ini. Eksistensi internet sebagai salah satu institusi dalam arus utama budaya lebih ditegaskan lagi dengan maraknya perniagaan elektronik (e-commerce) yang diprediksikan sebagai bisnis besar masa depan. E-commerce ini bukan saja telah menjadi arus utama budaya negara-negara maju tetapi juga menjadi model transaksi termasuk Indonesia Dalam realitasnya, penyalahgunaan internet dapat dilakukan dengan berbagai macam dan cara. Beberapa bentuk � bentuk cyber crime, seperti kejahatan dalam aspek e � Commerce, Masalah Penipuan Lewat Internet, Hacker, Cyber Terorism dan Merusak Situs Milik Negara Dalam kasus tersebut kedudukan internet sebagai media teknologi informasi dan sebagai media teknologi canggih telah disalahfungsikan jadi alat kriminalitas yang tidak hanya membahayakan masyarakat regional, tapi juga masyarakat global. Kehadiran IT sebagai kabar baik dalam kehidupan berbagai informasi dan pengetahuan bisa berubah menjadi kabar buruk , menjadi momok. Apalagi konten dalam IT, dalam hal ini sistim email di milis bisa dijadikan alat bukti untuk menghukum si penulis email, sementara si penuntut tidak diwajibkanoleh Pengadilan untuk memberikan bukti adanya kerugian yang diderita akibat email tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 02/10 Kri t
Uncontrolled Keywords: COMPUTER CRIMES
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75.5-76.95 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Creators:
CreatorsNIM
Nurhandini KristantiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:02
Last Modified: 21 Sep 2016 01:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37614
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item