SAHAM TANPA WARKAT (SCRIPLESS)SEBAGAI OBYEK JAMINAN

RIZKI ACHMAD F.H, 030710346 (2009) SAHAM TANPA WARKAT (SCRIPLESS)SEBAGAI OBYEK JAMINAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2010-rizkiachma-12309-tmk124-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2010-rizkiachma-11259-tmk124-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dilakukannya penelitian mengenai masalah saham tanpa warkat (scripless) sebagai obyek jaminan ini pada dasarnya bermaksud untuk mengkaji lebih dalam mengenai saham tanpa warkat (scripless) dan bagaimana tata caranya dalam pembebanan hak jaminan di Indonesia. Berdasarkan analisis dan uraian mengenai permasalahan yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, maka dapat disimpulkan beberapa hal berikut : Saham jika dikaitkan dengan hukum jaminan memiliki dua jenis kategorisasi benda, pertama sebagai benda bergerak tidak berwujud dan kedua sebagai barang modal, kedua jenis kategorisasi saham sebagai benda ini akan berakibat pada pemilihan lembaga jaminan yang berbeda pula. Sebagai benda bergerak tidak berwujud pembebanan jaminan saham dapat menggunakan lembaga jaminan gadai, sedangkan dalam hal saham sebagai barang modal yang menginginkan obyek jaminan tetap pada kekuasaan debitor dapat menggunakan lembaga jaminan fidusia. Adapun syarat-syarat saham dapat dipakai sebagai oyek jaminan adalah sebagai berikut : Bersifat agunan tambahan; Saham sudah terdaftar di bursa efek; Saham yang selalu mengalami transaksi dalam periode 3 bulan; Harganya tidak jatuh di bawah nominal; Maksimum 50 % harga saham. Dengan diberlakukannya Scripless Trading mulai 11 Juli 2000 yang mengharuskan semua warkat atas saham yang dicetak sebelum diberlakukannya sistem ini untuk dirubah atau dikonversikan menjadi berbentuk elektronik, dengan karakteristik ini maka harus dilihat pula Undang-Undang yang terkait dengan dokumen elektronik, sesuai dengan pasal 5 UU ITE dapat dikatakan saham tanpa warkat (scripless) merupakan suatu dokumen elektronik dengan ini maka akan membuat saham tanpa warkat (scripless) dapat dipakai sebagai alat bukti hukum yang sah dimuka pengadilan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 124 / 09 Riz s
Uncontrolled Keywords: Warkat;Obyek Jaminan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K237-264 The concept of law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
RIZKI ACHMAD F.H, 030710346UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoch. Zaidun, Prof.Dr.,S.H.M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 21 Oct 2016 17:31
Last Modified: 21 Oct 2016 17:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item