IMPLEMENTASI STRATEGI CONSUMER BRAND RELATIONSHIP PADA PERUSAHAAN FASHION MUSLIMAH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK, TWITTER, DAN INSTAGRAM

ILHAM BUDIANTO, 041112153 (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI CONSUMER BRAND RELATIONSHIP PADA PERUSAHAAN FASHION MUSLIMAH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK, TWITTER, DAN INSTAGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-budiantoil-37142-5.abstr-i.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
3778.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman banyak pemasar di Indonesia telah menggunakan media sosial untuk membangun consumer brand relationship dengan berbagai cara. Pemasar membuat sebuah akun merek (brand account) pada media sosial baik Facebook, Twitter maupun Instagram. Di samping itu, banyak merek yang menggunakan media sosial untuk membentuk sebuah hubungan melalui berinteraksi dengan konsumen namun masih belum memanfaatkannya secara maksimal, mulai dari cara membuat brandpost sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga akan menghasilkan respon positif dari konsumen hingga keaktifan merek dalam memberikan tanggapan dari komentar konsumen. Namun sayangnya penelitian mengenai hal ini masih sangat terbatas. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji aktivitas consumer-brand relationship yang dibangun oleh merek-merek di Indonesia pada Facebook, Twitter, dan Instagram. Data diperoleh dari brandpost pada Facebook, Twitter dan Instagram, sejak 1 September 2014 hingga 31 November 2014. Total terdapat 3.842 brandpost dari 6 perusahaan fashion muslimah di Indonesia. Data dianalisis menggunakan analisis isi kuantitatif (quantitative content analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa merek lebih banyak memposting brandpost dengan bentuk tulisan dan gambar (text with image) yang dikarenakan konsumen menyukai brandpost tersebut. Brandpost yang bersifat informational lebih sering digunakan dibandingkan entertainment dalam membangun consumer brand relationship. Terdapat perbedaan antara bentuk interactivity brandpost dengan jumlah respon konsumen dan juga terdapat perbedaan antara isi informational dan entertainment brandpost terhadap jumlah comment/reply konsumen. Namun, sayangnya perusahaan fashion muslimah di Indonesia masih kurang responsif dalam berinteraksi menjawab komentar konsumen. Dari total 6.664 comment/reply hanya terdapat 859 yang ditanggapi oleh merek. Penelitian ini menawarkan kontribusi untuk ilmu pengetahuan dan praktisi terkait aktifitas consumer brand relationship yang dibangun oleh merek-merek di Indonesia pada media sosial Facebook, Twitter dan Instagram. Keterbatasan penelitian ini dan rekomendasi dari penelitian juga telah disajikan pada bagian akhir penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 140/15 Bud i
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BRAND RELATIONSHIP; SOCIAL MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ILHAM BUDIANTO, 041112153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja,, SE., M.Com., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 05 May 2015 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 19:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item