CONSUMER PLEASURE, AROUSAL, DAN NIAT BELI SEBAGAI RESPON ATAS ENDORSER DAN VISUAL MERCHANDISING CUES PADA IKLAN MAKANAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

NOVA YUNIA SARA, 041112017 (2015) CONSUMER PLEASURE, AROUSAL, DAN NIAT BELI SEBAGAI RESPON ATAS ENDORSER DAN VISUAL MERCHANDISING CUES PADA IKLAN MAKANAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-saranovayu-37144-5.abstr-i.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.142-15 Sar c.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejalan dengan maraknya penggunaan Instagram di kalangan masyarakat membuat perusahaan khususnya bisnis bidang kuliner memanfaatkan media sosial ini menjadi ajang promosi. Aktivitas promosi di Instagram dilakukan melalui endorser baik dari non-selebriti, selebriti hingga expert dengan menampilkan tampilan visual merchandising cues yang menarik. Dengan melihat posting iklan makanan yang berisi tampilan merchandising cues dan endorser yang berbeda membuat respon konsumen berbeda pula. Tidak jarang konsumen merasakan pleasure dan arousal yang pada akhirnya menimbulkan niat beli pada makanan yang diinginkan. Penelitian mengenai iklan di situs online memang sudah banyak dilakukan, namun sejauh ini penelitian tentang iklan makanan di media sosial Instagram masih terbatas. Penelitian ini dilakukan dengan desain eksperimental, sedangkan data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Manajemen Universitas Airlangga yang memiliki akun media sosial Instagram dan pernah melihat posting foto kuliner di media sosial Instagram. Total partisipan yang berpartisipasi dalam penelitian berjumlah 180 orang. Hasil jawaban responden dalam kuesioner tersebut selanjutnya akan direkap dan ditabulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat perbedaan consumer pleasure atas iklan produk makanan di media sosial Instagram antara high Visual merchandising cues dan low Visual merchandising cues. (2) Tidak terdapat perbedaan arousal atas iklan produk makanan di media sosial Instagram antara high Visual merchandising cues dan low Visual merchandising cues. (3) Tidak terdapat perbedaan consumer pleasure atas iklan produk makanan di media sosial Instagram antara yang diendorse oleh selebriti, non-selebriti, dan expert. (4) Consumer pleasure tidak berpengaruh positif terhadap niat beli. (5) Arousal berpengaruh positif terhadap niat beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 142/15 Sar c
Uncontrolled Keywords: ENDORSER; CONSUMER PLEASURE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
NOVA YUNIA SARA, 041112017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja,, SE., MCom., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 05 May 2015 12:00
Last Modified: 26 Jul 2016 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item