KEWENANGAN DAN TANGGUNG JAWAB NOTARIS DALAM MELEGALISASI AKTA DI BAWAH TANGAN

LENNY YULIA HERIJANTO, 030810625 N (2010) KEWENANGAN DAN TANGGUNG JAWAB NOTARIS DALAM MELEGALISASI AKTA DI BAWAH TANGAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-herijantol-15315-tmk199-k.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-herijantol-12744-tmk199-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kewenangan Notaris selain membuat akta otentik sebagaimana tersebut di atas, notaris mempunyai kewenangan lain, salah satu di antara kewenangan notaris adalah mengesahkan tanda tangan dan menetapkan kepastian tanggal surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus sebagaimana Pasal 15 ayat (2) huruf a UUJN. Pengesahan akta di bawah tangan oleh notaris tersebut diatur lebih lanjut dalam Pasal 56 ayat (3) UUJN Permasalahan dalam penelitian ini adalah kewenangan notaris mengesahkan tanda tangan dan menetapkan kepastian tanggal surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus, dan Tanggung jawab notaris atas isi akta di bawah tangan yang dilegalisasi.. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian yuridis normatif dengan mengguankan pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Notaris berwenang membuat akta otentik dan berwenang pula mengesahkan tanda tangan dan menetapkan kepastian tanggal surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus sebagaimana pasal 15 ayat (2) huruf a UUJN. Notaris bertanggung jawab atas isi akta di bawah tangan yang dilegalisasi selama notaris sebelum membubuhkan tanda tangan tersebut tidak memperhatikan penghadap, maksudnya notaris mengetahui bahwa penghadap menerangkan sesuatu hal yang tidak benar, maka dapat dikatakan notaris telah membuat surat atau akta di bawah tangan yang palsu atau memasukan keterangan dalam akta di bawah tangan yang tidak benar, sehingga dapat dimintakan pertanggung jawaban baik dari segi pidana, perdata maupun administrasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 199 / 10 Her k
Uncontrolled Keywords: an authentic deed, deed under hand
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K115-130 The legal profession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
LENNY YULIA HERIJANTO, 030810625 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Hadi Subhan, Prof.,Dr.,S.H.,M.H.,C.NUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 02 Sep 2016 13:21
Last Modified: 02 Sep 2016 13:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37861
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item