WACANA ISU GLOBAL WARMING DALAM DESAIN FASHION CARNAVAL (Studi Analisis Tekstual Ikon-ikon Global dan Lokal dalam Desain Jember Fashion Carnaval 2010)

ARI SUSANTI, 090810616 M (2010) WACANA ISU GLOBAL WARMING DALAM DESAIN FASHION CARNAVAL (Studi Analisis Tekstual Ikon-ikon Global dan Lokal dalam Desain Jember Fashion Carnaval 2010). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-susantiari-18914-tsk011-k.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-susantiari-15719-tsk0111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada wacana isu-isu global yang ditampilkan dalam Jember Fashion Carnaval 9. Tema utama JFC 9 ini adalah world treasure dimana menyimpan dunia memiliki berbagai kekayaan yang berlimpah baik di masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Kekayaan dunia pada JFC 9 ini diwakili dengan beberapa sub tema seperti Dream Sky, Toraja, Butterfly, Thailand, Cactus, Kabuki, Mongol, Apocalypse dan Voyage. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tekstual yang mendeskripsikan visualisasi fashion dalam Jember Fashion Carnaval 9 dikaitkan dengan isu-isu global. Tanda dan simbol yang divisualisasikan dalam karya fashion dimaknai dengan empat tanda fashion yaitu warna, bentuk, bahan dan asesoris. Setelah memaknai simbol dan tanda yang ada selanjutnya mencari wacana isu global yang muncul dalam setiap kostum terpilih. Adapun kostum terpilih ada Sembilan dan masing-masing mewakili setiap defile. Analisa hasil penelitian adalah isu global dalam Jember Fashion Carnaval ditampilkan berdasarkan kultur lokal dan kultur global yang saling berinteraksi yang memunculkan perpaduan yang mengarah ke pencangkokan kultur. Hal ini terlihat dalam tampilan JFC dipadukan dengan tema isu-isu global menghasilkan kreasi desain yang unik dan dapat dimaknai oleh masyarakat global karena diilhami dari kultur beberapa belahan dunia maupun filosofi beberapa lambang yang sudah diketahui serta disepakati.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 01 / 11 Sus w
Uncontrolled Keywords: isu global, fashion, Jember Fashion Carnaval
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ARI SUSANTI, 090810616 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain Mashud, Prof.,Dr.,Drs.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Sutarsih Andarini, Dra.,SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 02 Sep 2016 13:35
Last Modified: 08 Jun 2017 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37909
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item