IDENTIFIKASI PEMBOROSAN DAN USULAN PERBAIKAN PADA PROSES PELAYANAN PEMERIKSAAN DARAH LENGKAP DI PARAHITA DIAGNOSTIC CENTER SIDOARJO DENGAN METODE VALSAT DAN DIAGRAM FISHBONE

IAN AGUNG PRAKOSO, 040912173 (2015) IDENTIFIKASI PEMBOROSAN DAN USULAN PERBAIKAN PADA PROSES PELAYANAN PEMERIKSAAN DARAH LENGKAP DI PARAHITA DIAGNOSTIC CENTER SIDOARJO DENGAN METODE VALSAT DAN DIAGRAM FISHBONE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-prakosoian-37181-5.abstr-k.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.153-15 Pra i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PParahita Diagnostic Center merupakan salah satu penyedia layanan pemeriksaan kesehatan diantaranya pemeriksaan darah lengkap. Dalam proses pelayanan nya Parahita Diagnostic Center sidoarjo masih terdapat beberapa aktivitas pemborosan yang mengakibatkan proses pelayannya menjadi kurang efisien. Peneliti mencoba mengidentifikasi pemborosan yang terjadi pada proses pelayanan pemeriksaan darah lengkap dengan terlebih dahulu menggambarkan big Picture Mapping proses pelayanan pemeriksaan darah lengkap. Peneliti menggunakan metode VALSAT yaitu sebuah tools yang berfokus pada value added dan non value added activity dalam memetakan aliran nilai (value stream) untuk melakukan pemilihan value stream maaping tools yang tepat yang akan digunakan dalam melakukan detailed mapping pada proses pelayanan pemeriksaan darah lengkap kemudian menentukan penyebab terjadinya pemborosan dengan diagram fishbone serta memberikan cara yang tepat untuk meminimalkan pemborosan Hasil dari identifikasi, pembobotan pemborosan adalah waiting sebesar 5.6, defect sebesar 5.2,overproduction sebesar 4.6, inappropriate process sebesar 4.0, , unnecessary motion sebesar 3.6, unnecessary inventory sebesar 3.2, exessive transportation sebesar 2.4. Sedangkan dari hasil detailed mapping diketahui bahwa terdapat 23 aktivitas dalam proses pelayanan pemeriksaan darah lengkap yang terdiri dari 11 aktivitas operasi, 5 aktivitas inspeksi, 3 aktivitas transportasi, 3 aktivitas delays dan 1 aktivitas penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 153/15 Pra i
Uncontrolled Keywords: DIAGNOSTIC CENTER
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG8835-8899 Life insurance business. Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
IAN AGUNG PRAKOSO, 040912173UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYetty Dwi Lestari,, SE.,MT.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 08 May 2015 12:00
Last Modified: 26 Jul 2016 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3791
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item