PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI DAN RESPON KONSUMEN PADA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL TWITTER ANTARA BUZZER PERSONAL DAN NON PERSONAL

ANUGERAH RISKY AGUNG GARUDA DIPRATAMA, 041211223081 (2015) PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI DAN RESPON KONSUMEN PADA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL TWITTER ANTARA BUZZER PERSONAL DAN NON PERSONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-dipratamaa-37183-5.abstr-k.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.154-15 Dip p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai perbedaan strategi komunikasi serta perbedaan respon audiens pada buzzer Twitter kategori personal dan non personal. Secara spesifik, yang diteliti dalam penelitian adalah karakteristik informasi dan aktivitas promosi yang diposting oleh buzzer kategori personal dan non personal serta perbedaan jumlah respon audiens diantara keduanya. Pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat perbedaan diantara kedua kategori buzzer dalam hal topik konten serta tingkat interaksi buzzer dengan audiens. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buzzer kategori personal lebih membahas mengenai sisi personal atau yang berkaitan dengan kehidupan pribadi buzzer. Selain itu buzzer kategori personal juga lebih membangun interaksi dengan audiens dilihat dari intensitas reply serta retweet yang dilakukan buzzer pada tweet yang diposting oleh audiens. Untuk buzzer kategori non personal topik konten yang diposting bersifat tematik atau memiliki tema tertentu. Dari hasil penelitian diketahui pula bahwa intensitas interaksi dua arah yang dilakukan buzzer kategori non personal terhadap audiens cukup rendah. Hal tersebut diduga karena buzzer non personal cenderung jarang memposting konten yang komunikatif dan melakukan pendekatan dengan audiens melalui aktivitas retweet maupun reply. Dalam hal aktivitas promosi, kedua kategori buzzer cenderung sama dalam menyampaikan info promosi melalui tweet postnya. Buzzer lebih menggunakan gaya bahasa non formal yang bersifat santai dan akrab serta bersifat persuasif. Namun terdapat perbedaan tingkat respon audiens terhadap info promosi yang diposting oleh keduanya. Dilihat dari rata-rata respon (reply) per tweet post, info promosi yang diposting oleh buzzer kategori personal lebih banyak mendapatkan respon dari audiens. Dari hasil penelitian terlihat bahwa buzzer kategori personal memiliki daya tarik atau sisi attractiveness yang kuat sehingga audiens cenderung tertarik untuk menyimak serta memberikan komentar pada informasi yang disampaikan buzzer. Selain itu mayoritas respon audiens relevan dengan informasi produk yang disampaikan oleh kedua kategori buzzer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 154/15 Dip p
Uncontrolled Keywords: MEDIA SOCIAL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANUGERAH RISKY AGUNG GARUDA DIPRATAMA, 041211223081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja,, SE., M.Com., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 08 May 2015 12:00
Last Modified: 26 Jul 2016 07:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item