PEMBEBANAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS BARANG KONSINYASI

ZUNATUN NAHDHIYAH ALMAHDA, 030810592 N (2010) PEMBEBANAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS BARANG KONSINYASI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-almahdazun-18956-tmk051-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-almahdazun-15766-tmk0511.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) selalu berkembang seiring dengan meningkatnya bisnis dan pola konsumsi masyarakat, begitu juga berkembangnya sistem pembayaran yang memudahkan untuk bertransaksi di dunia bisnis, diantaranya terdapat sistem pembayaran secara tunai, angsuran, dan konsinyasi. Konsinyasi dalam praktek merupakan perjanjian titip jual dengan pembayaran dilakukan setelah barang terjual. Barang yang diserahkan untuk dikonsinyasikan berupa Barang Kena Pajak (BKP), diatur dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 2009 Tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 1983 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang Dan Jasa Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. Maksud penyusunan tesis ini, fokus pada penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) secara konsinyasi yang dibebani pajak berupa Pajak Pertambahan Nilai dengan tipe penelitian hukum yuridis normatif yang menggunakan pendekatan Statute Approach (pendekatan perundang-undangan) dan pendekatan Conseptual Approach (pendekatan konseptual). Rumusan masalah dalam tesis ini, yaitu mengenai pengenaan Pajak Pertambahan Nilai atas barang konsinyasi dengan menitik beratkan pada penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) yang seketika itu lahir hutang pajak berupa Pajak Pertambahan Nilai, serta tanggung jawab pembayaran Pajak Pertambahan Nilai atas barang konsinyasi yang berada ditangan penjual/pemilik barang konsinyasi dan bukan menjadi tanggung jawab pembeli/penerima penyerahan barang konsinyasi, sedangkan pembeli/penerima penyerahan barang konsinyasi bertindak sebagai penanggung beban Pajak Pertambahan Nilai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 05 / 11 Alm p
Uncontrolled Keywords: Pajak Pertambahan Nilai atas barang konsinyasi. Perjanjian konsinyasi,Tanggung jawab pembayaran Pajak Pertambahan Nilai atas barang konsinyasi.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
ZUNATUN NAHDHIYAH ALMAHDA, 030810592 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSarwirini, Dr.,S.H.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2015
Last Modified: 12 Jul 2016 02:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item