PEROLEHAN HAK MILIK ATAS SATUAN RUMAH SUSUN BAGI ORANG ASING DI THE RICH PRADA BALI

AURELIA LIMYANTO, 030810603 N (2011) PEROLEHAN HAK MILIK ATAS SATUAN RUMAH SUSUN BAGI ORANG ASING DI THE RICH PRADA BALI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-limyantoau-19916-tmk511-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-limyantoau-16695-tmk5111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah adalah salah satu kebutuhan dasar manusia selain pakaian dan makanan. Di daerah perkotaan, yang berpenduduk padat dan tanah yang tersedia sangat terbatas, dikembangkan suatu konsep perumahan dan pemukiman dalam bentuk rumah susun. Pemerintah memberikan perlindungan hukum kepada setiap pemilik satuan rumah susun dengan mengeluarkan Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun sebagai bukti kepemilikan atas satuan rumah susun tersebut. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah apakah orang asing dapat memperoleh Hak Milik atas Satuan Rumah Susun di The Rich Prada Bali, dan bagaimana tatacara pendaftaran Hak Milik atas Satuan Rumah Susun di The Rich Prada Bali. Penulisan ini menggunakan tipe penelitian Yuridis Normatif dengan pendekatan masalah yang digunakan adalah Pendekatan Perundang-undangan (Statute approach), dan Pendekatan Konseptual (conceptual approach). Bahan hukum diperoleh dengan mengumpulkan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan-bahan hukum tersebut kemudian diinventarisasi dan akhirnya disusun secara sistematis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa orang asing tidak dapat menjadi pemegang Hak Milik atas Satuan Rumah Susun The Rich Prada Bali karena orang asing bukan subyek pemegang Hak Guna Bangunan sebagaimana diatur dalam Pasal 36 UUPA dan Pasal 8 ayat (1) UURS. Pendaftaran Akta Pemisahan satuan rumah susun The Rich Prada Bali merupakan pendaftaran Hak Milik atas Satuan Rumah Susun untuk pertama kali.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 51 / 11 Lim p
Uncontrolled Keywords: Satuan Rumah Susun, Orang Asing, Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun, The Rich Prada Bali.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7585-7595 Social legislation
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
AURELIA LIMYANTO, 030810603 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEman Ramelan, Prof.,Dr.,S.H.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2015
Last Modified: 30 Jun 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38069
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item