PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN (STUDI PASAL 74 UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007)

NANIK TRIYANINGSIH, 030610123 (2009) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN (STUDI PASAL 74 UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-triyanings-20035-tmk107-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-triyanings-16800-tmk107-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada saat ini di Indonesia, pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan belum menjadi perilaku yang umum dilaksanakan oleh semua pelaku usaha, namun dalam abad informasi dan teknologi serta adanya desakan globalisasi, maka tuntutan terhadap perusahaan untuk menjalankannya akan semakin besar. Kebanyakan pelaku usaha berpendapat bahwa baik profitabilitas maupun tanggung jawab sosial dua–duanya adalah tujuan yang hendak dicapai perusahaan. Sekalipun sangat disadari bahwa kedua hal ini sebenarnya saling bertentangan. Para pemengang saham tentunya berharap perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas, namun hal ini tentunya akan menjadi konflik kepentingan bagi stakeholder lainya yang menginginkan optimalisasi keberadaan perusahaan, terutama yang terkait dengan tangungjawab sosialnya. Dalam implementasinya tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, ada perusahaan yang sudah melaksanakan dan ada juga perusahaan yang belum melaksanakannya. Perusahaan/perseroan yang sudah melaksanakan biasanya perusahaan besar yang kegiatan usahanya berhubungan dengan sumber daya alam atau perusahaan yang berjangka panjang/berkelanjutan sedangkan perusahaan/perseroan yang kecil belum melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Bagi perusahaan yang sudah melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan tetapi karena berdasarkan Pasal 74 UU nomor 40 tahun 2007 tidak ada 68 petunjuk yang jelas cara pelaksanaan dan sanksi bila tidak melaksanakan maka perusahaan/perseroan tersebut melaksanakan atau mengimplementasikannya sesuai dengan pendapat perusahaan masing-masing dikaitkan dengan tujuan, visi dan misi perusahaan tersebut dalam menginterpretasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan yang baik dan benar sesuai dengan aturan hukum yang berlaku akan berdampak pada iklim penanaman modal yang kondusif. Untuk bisa mewujudkannya, setiap pelaku usaha (investor) baik dalam maupun asing yang melakukan kegiatan di wilayah Rebublik Indonesia wajib melaksanakan aturan dan tunduk kepada hukum yang berlaku di Indonesia, sebaliknya pemerintah sebagai regulator wajib dan secara konsisten menerapkan aturan dan sanksi apabila pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan yang tidak melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan sesuai dengan ketentuan undang – undang yang berlaku. Dengan penyempurnaan UU perseroan terbatas (UU PT) sebagaimana dijelaskan pada awal tulisan dimana tanggung jawab sosial perusahaan diatur didalamnya, merupakan kemajuan besar bagi pemerintah dan masyarakat. Dengan demikian, perusahaan yang tidak peduli dengan tanggung jawab sosialnya dapat ditindak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 107 / 11 Tri p
Uncontrolled Keywords: Tanggungjawab Sosial; Lingkungan Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM661-696 Social control
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
NANIK TRIYANINGSIH, 030610123UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuchammad Zaidun, Prof.,Dr.,S.H.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 30 Jun 2016 13:15
Last Modified: 30 Jun 2016 13:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item