PENGARUH DESAIN KEMASAN VISUAL PADA PERSEPSI KONSUMEN ATAS KUALITAS, NILAI, DAN PREFERENSI MEREK PRODUK MINUMAN TEH

INDRIANI YUNINGSIH, 041211223003 (2015) PENGARUH DESAIN KEMASAN VISUAL PADA PERSEPSI KONSUMEN ATAS KUALITAS, NILAI, DAN PREFERENSI MEREK PRODUK MINUMAN TEH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-yuningsihi-37358-5.abstr-i.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.177-15 Yun p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan antar dunia industri minuman semakin ketat seiring banyaknya para pihak industri yang bersaing pada pasar minuman khususnya minuman teh. Salah satu cara produsen guna bersaing dengan pihak lain untuk memperebutkan konsumen adalah melalui kemasan. Kemasan merupakan sarana untuk mengkomunikasikan pesan dari pihak produsen atau kemasan juga merupakan sarana sebagai salesman secara tidak langsung guna menstimuli konsumen untuk melakukan pembelian. Kemasan terdiri dari dua elemen yaitu : elemen kemasan secara informasional serta elemen kemasan secara visual. Untuk elemen kemasan visual menitikberatkan pada desain dari tampilan kemasan , seperti : warna, jenis tulisan (typografi), ilustrasi serta bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain kemasan visual pada persepsi konsumen atas kualitas, nilai, dan preferensi merek produk minuman teh. Minuman teh dipilih sebagai objek yang diteliti karena teh merupakan secara historis teh sangat popular di Indonesia serta dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, menitikberatkan pada pengujian hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan structural equation model (SEM) yang menggunakan program AMOS 16.0. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR sebanyak 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara desain kemasan visual terhadap kualitas produk, persepsi atas kualitas terhadap persepsi atas nilai produk, persepsi atas kualitas terhadap preferensi merek, persepsi atas nilai produk terhadap preferensi merek. namun, terdapat satu hipotesis yang tidak signifikan yaitu desain kemasan visual tidak berpengaruh terhadap preferensi merek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 177/15 Yun p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOUR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
INDRIANI YUNINGSIH, 041211223003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTanti Handriana,, Dr.,SE, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 16 Jun 2015 12:00
Last Modified: 27 Jul 2016 07:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item