KIAI DAN DINAMIKA POLITIK LOKAL (STUDI TENTANG PERAN KIAI DALAM IMPLEMENTASI SYARIAT ISLAM DI KABUPATEN PAMEKASAN)

SUKRON ROMADHON, 0906610230 (2008) KIAI DAN DINAMIKA POLITIK LOKAL (STUDI TENTANG PERAN KIAI DALAM IMPLEMENTASI SYARIAT ISLAM DI KABUPATEN PAMEKASAN). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2010-romadhonsu-11170-ts0509-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s3-2010-romadhonsu-10436-ts0509.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kiai sebagai elit lokal di Kabupaten Pamekasan mampu mempengaruhi kebijakan politik lokal. Langkah konkrit kiai dan ulama pesantren dalam menciptakan masyarakat yang Islami dilingkungan masyarakat Pamekasan. Keinginan yang berlandaskan pada ajaran agama, kiai dapat mendesak pemerintah baik eksekutif maupun legislatif untuk menerapkan syariat Islam di pamekasan. Respon positif pemerintah Pamekasan dengan membentuk Lembaga Pengkajian dan Penerapan Syariat Islam (LP2SI) yang melibatkan semua pihak, seperti; kiai pesantren, tokoh masyarakat, Ormas dan pemerintah sebagai rencana awal dan langkah maju pemerintah dalam menerima aspirasi masyarakat. Kemudian LP2SI berhasil membuat konsep yang sesuai dengan keinginan awal kiai sehingga tercipta Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam) di Pamekasan sebagai langkah awal masuknya syariat Islam dalam kebijakan politik lokal Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Peran kiai dalam menentukan arah kebijakan politik lokal ini dapat dikategorisasikan sebagai berikut; pertama, kiai sebagi elit agama memiliki wawasan dan gagasan untuk mempertahankan dan selalu melakukan dakwah dalam mempertahankan agama Islam melalui ajaran atau syariat. Kedua, kiai sebagai elit masyarakat mampu menjadi patron dalam kehidupan masyarakat Pamekasan, kiai menjadi tauladan perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Ketiga, kiai sebagai elit politik dapat melakukan terobosan baru kehidupan berbangsa dan bernegara ketika mampu menjalankan antara kepentingan agama dan kepentingan negara. Keterlibatan kiai dalam implementasi syariat Islam merupakan sikap peran aktif kiai dalam menjaga hubungan yang harmonis antar pemeluk beragama, sehingga terhindar dari konflik etnosentrisme, suku dan agama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TS 05 / 09 Rom k
Uncontrolled Keywords: Elit, kebijakan, politik lokal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
SUKRON ROMADHON, 0906610230UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKacung Marijan, Prof.,Drs.,M.A.,Phd.UNSPECIFIED
Thesis advisorPriyatmoko, Drs.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:15
Last Modified: 30 Jun 2016 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38212
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item