PENGARUH PENGGUNAAN ENDORSER DAN BRAND FAMILIARITY TERHADAP PERCEPTION OF PURCHASE RISK DAN DAMPAKNYA PADA NIAT BELI PRODUK BRAND EXTENSION

LIALUTFI MAYANGSARI, 041112338 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN ENDORSER DAN BRAND FAMILIARITY TERHADAP PERCEPTION OF PURCHASE RISK DAN DAMPAKNYA PADA NIAT BELI PRODUK BRAND EXTENSION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-mayangsari-37521-5.abstr-i.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.188-15 May p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada saat ini, perusahaan menghadapi persaingan yang cukup ketat. Perusahaan diharapkan dapat mengelola sumber daya yang milikinya untuk dapat memenangkan persaingan. Salah satu cara yang digunakan adalah mengembangkan merek dengan perluasan yang berhubungan atau tidak berhubungan dengan parent brand. Strategi ini dilakukan dengan memanfaatkan iklan parent brandyang menjadi media promosi. Pada iklan, biasanya memunculkan sosok endorser berupa selebriti atau tidak menampilkanendorser dengan merek yang familiar atau unfamiliar. Melihat iklan dengan tampilan dukungan endorser yang berbeda dan merek yang berbeda membuat respon konsumen yang berbeda pula pada perception of purchase risk yang akhirnya menimbulkan niat beli pada produk extension. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh dukungan endorser dan brand familiarity terhadap perception of purchase risk dan dampaknya pada niat beli produk brand extension. Penelitian ini berusaha melihat pengaruh utama dari variabel dan interaksinya sehingga menggunakan desain faktorial eksperimental 2 (dukungan endorser) x 2 (brand familiarity) dengan metode between subject. Data diperoleh dari 120 orang responden yang merupakan mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari dukungan endorser dan terdapat perbedaan yang signifikan dari brand familiarity terhadap perception of purchase risk serta tidak terdapat pengaruh interaksi antara dukungan endorser dan brand familiarity dalam mengurangi perception of purchase risk yang dirasakan oleh konsumen. Perception of purchase risk juga berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen pada produk brand extension.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 188/15 May p
Uncontrolled Keywords: BRAND FAMILIARITY
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2341-2341.95 Supervision and administration. Business management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LIALUTFI MAYANGSARI, 041112338UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLilik Rudianto,, Drs., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 06 Jul 2015 12:00
Last Modified: 28 Jul 2016 01:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3834
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item