PEMAKNAAN KHALAYAK KELAS MENENGAH TERHADAP DESAIN VISUAL KEMASAN PRODUK FOOD & BEVERAGE

KRISTIAN SAMUEL WATTIMENA, 090710055M (2009) PEMAKNAAN KHALAYAK KELAS MENENGAH TERHADAP DESAIN VISUAL KEMASAN PRODUK FOOD & BEVERAGE. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2011-wattimenak-14565-tsk031-k.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2011-wattimenak-12194-tsk0310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Desain visual adalah suatu bentuk yang dapat diaplikasikan dalam semua ranah kehidupan masyarakat. Desain visual dari kemasan menjadi suatu media komunikasi bagi produk agar dapat berhubungan dengan konsumennya, sesuai dengan konsep yang dibawa oleh desain kemasan tersebut. Setiap detil yang ada dalam desain visual kemasan menjadi alat yang efektif bagi produk tersebut dalam melakukan kontak langsung dengan calon penggunanya. Oleh karena itu, desain kemasan memiliki fungsi sebagai sarana estetika untuk berkomunikasi dengan semua orang dari berbagai latar belakang budaya, status sosial, usia dan gender. Hal-hal tersebut yang kemudian digunakan sebagai elemen-elemen visual yang dicoba untuk dituangkan melalui visual desain kemasan produk, yang diharapkan mampu mewakili konsep budaya dan strata atau kelas dari masyarakat konsumen produk tersebut. Dalam penelitian ini, digunakan analisa khalayak sebagai acuan, karena bentuk dan konsep yang ingin ditampilkan dalam suatu desain visual kemasan tentunya akan dimaknai berbeda oleh setiap orang yang melihatnya. Demikian pula dengan konsep kelas menengah yang ditampilkan melalui visualisasi kemasan produk. Bagaimana pemaknaan dari masyarakat terhadap beberapa kemasan produk, yang merupakan representasi dari strata menengah di masyarakat. Sehingga akan dapat diperoleh suatu kesimpulan tentang bagaimana desain visual kemasan mampu merepresentasikan produk kelas menengah, yang dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah di Indonesia. Studi khalayak adalah suatu studi yang mengacu pada cara pandang dan pemaknaan khalayak terhadap suatu obyek yang divisualisasikan ke khalayak tersebut. Studi khalayak merupakan hal terpenting dari bagaimana pemaknaan terhadap suatu gambar visual terbentuk, dan menggunakan sarana khalayak dari suatu media untuk memaknai visual tersebut, menerima atau bahkan sikap menolak dari suatu khalayak yang telah melihat dalam jarak tertentu. Kemasan adalah suatu bentuk budaya visual yang dimaknai pula oleh khalayaknya, yang dalam hal ini adalah konsumen produk-produk yang dikemas tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 03 / 10 Wat p
Uncontrolled Keywords: desain visual kemasan, kelas menengah, pemaknaan, analisa khalayak, konsumen produk
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT601-1445 Classes
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
KRISTIAN SAMUEL WATTIMENA, 090710055MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra., M.Comm, Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Oct 2016 19:02
Last Modified: 23 Oct 2016 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38366
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item