PERLAWANAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN TERHADAP BUDAYA PATRIARKHI DALAM FILM (Studi Analisis Tekstual Tentang Film-Film Karya Sutradara Nia Dinata)

ADE KUSUMA, 090710051 M (2010) PERLAWANAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN TERHADAP BUDAYA PATRIARKHI DALAM FILM (Studi Analisis Tekstual Tentang Film-Film Karya Sutradara Nia Dinata). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2011-kusumaade-14592-tsk101-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2011-kusumaade-12205-tsk1010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran film-film karya Nia Dinata merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Film karya sutradara perempuan yang mengangkat tema tentang perempuan. Film-film karyanya yang berjudul Arisan, Berbagi Suami, dan Perempuan Punya Cerita - Cerita Cibinong, berusaha mengangkat realitas dan peranan perempuan yang melakukan perlawanan terhadap budaya patriarkhi, dari berbagai aspek kehidupan yang ada, tumbuh dan berkembang di masyarakat, yang kemudian diproyeksikan ke dalam layar. Tesis ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif, dan menggunakan studi analisis tekstual terhadap film karya sutradara Nia Dinata. Peneliti menggali lebih dalam bentuk-bentuk perlawanan yang dilakukan oleh tokoh utama perempuan, terhadap budaya patriarkhi yang ditampilkan pada ketiga film tersebut, dan menganalisis bagaimana film-film karya sutradara Nia Dinata mengangkat ideologi feminisme. Film-film karya sutradara Nia Dinata, ditampilkan dengan menggunakan perspektif perempuan. Sutradara sebagai pembuat film cenderung menampilkan karakter perempuan yang kuat, tegar dan mandiri sebagai tokoh utamanya. Film menyampaikan sebuah cerita yang berasal dari ide dan pemikiran seorang sutradara, yang juga menjadi author atau pengarang dalam filmnya. Melalui ketiga karya filmnya, Nia Dinata telah membuat pernyataan budaya baru, terkait dengan stereotipe perempuan Indonesia. Perempuan tidak hanya berada dibelakang laki-laki, tapi dapat setara dengan laki-laki, karena perempuan juga mampu berperan sebagai subyek dalam kehidupannya sendiri. Film Arisan!, Berbagi Suami dan Perempuan Punya Cerita - Cerita Cibinong juga berperan menyampaikan informasi, agar penonton menyadari dan memperhatikan realitas permasalahan perempuan yang ada sekitarnya. Selanjutkan, pengetahuan terhadap adanya permasalahan tersebut akan dapat melahirkan keperdulian dan upaya-upaya yang dapat membantu mengatasi beragam permasalahan perempuan yang selama ini kurang mendapat perhatian dari publik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK -2 TSK 10 / 10 Kus p
Uncontrolled Keywords: Film,Resistance,Women
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ADE KUSUMA, 090710051 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra.,MA,Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Oct 2016 19:33
Last Modified: 23 Oct 2016 19:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38372
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item