GAMBARAN KEHIDUPAN SOSIO-KULTURAL KELAS BAWAH PADA ETNIS JAWA DALAM IKLAN KORPORAT PT. GUDANG GARAM Tbk.

Aditya Rahman Yani, 090810324M (2010) GAMBARAN KEHIDUPAN SOSIO-KULTURAL KELAS BAWAH PADA ETNIS JAWA DALAM IKLAN KORPORAT PT. GUDANG GARAM Tbk. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2011-yaniaditya-14637-tsk151-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s3-2011-yaniaditya-12226-tsk1510.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai produk seni visual, iklan televisi pada umumnya lebih menonjolkan estetika visualnya dibandingkan dengan makna yang terkandung didalamnya. Iklan televisi merupakan media yang kadang tidak terlalu diperhatikan muatan sosio-kulturalnya. Padahal sebagai visual culture, iklan televisi merupakan perantara untuk mengartikulasikan kondisi sosial-budaya suatu bangsa. Oleh karena itu iklan televisi bisa juga dikatakan sebagai media yang menjadi cerminan budaya suatu bangsa, membawa nilai-nilai atau konsep tentang kehidupan sosio-kultural kelas bawah, khususnya pada etnis Jawa. Penelitian tentang kehidupan sosio-kultural kelas bawah pada etnis Jawa merupakan kajian tentang bagaimana media iklan televisi membentuk konstruksi terhadap konsep kehidupan sosio-kultural kelas bawah khususnya pada etnis Jawa. Objek penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah iklan televisi Gudang Garam versi Kemerdekaan Sejati. Penelitian ini menjadi menarik karena menjadi dialektika visual kehidupan kelas bawah terkait dengan identitas etnis dan problematika sosialnya. Analisis semiotika dan sistem pengkodean Roland Barthes dipakai untuk menelaah tanda-tanda simbolis yang terkandung dalam visual iklan televisi. Semiotika Roland Barthes sebagai alat analisis bagi visual culture adalah mengungkap makna dari setiap tanda-tanda representasional sampai pada tataran konotatif, mitos dan ideologi. Hal tersebut yang menjadi perhatian peneliti dalam mejelaskan gambaran kehidupan sosio-kultural kelas bawah pada etnis Jawa dalam iklan televisi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 15 / 10 Yan g
Uncontrolled Keywords: Socio-cultural, Lower Class, Javanese ethnical group, Semiotics
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM706 Social structure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Aditya Rahman Yani, 090810324MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra.,MA,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 24 Oct 2016 01:35
Last Modified: 12 Jun 2017 18:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item