Pengaruh Konflik Peran Terhadap Stress Kerja Melalui Mediasi Ketidakpastian dan Kepuasan Kerja Karyawan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Sidoarjo

Mohammad Anung Edy Nugroho, 041141002 (2013) Pengaruh Konflik Peran Terhadap Stress Kerja Melalui Mediasi Ketidakpastian dan Kepuasan Kerja Karyawan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Sidoarjo. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-nugrohomoh-28840-5.abst-i.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-nugrohomoh-28840-fulli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran terhadap stres kerja dengan menggunakan mediasi ketidakpastian dan kepuasan kerja. Adapun rumusan masalah yang diteliti adalah (1) Apakah konflik peran berpengaruh terhadap stres kerja karyawan, (2) Apakah konflik peran berpengaruh terhadap ketidakpastian karyawan, (3) Apakah ketidakpastian berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, (4) Apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap stres kerja karyawan, (5) Apakah konflik peran berpengaruh terhadap stress kerja melalui ketidakpastian dan kepuasan kerja. Obyek penelitian adalah PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Sidoarjo. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan variabel penelitian : Konflik Peran (X), Ketidakpastian (Z1), Kepuasan Kerja (Z2) dan Stres Kerja (Y). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan metode sensus yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian adalah seluruh karyawan Bank BRI Kantor Cabang Sidoarjo sebanyak 63 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di sebarkan kepada responden yang menjadi sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian adalah menggunakan Path Analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Konflik peran berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja, (2) Konflik peran berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketidakpastian, (3) Ketidakpastian berpengaruh negatif dan signifkan terhadap kepuasan kerja, (4) Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kerja, (5) Variabel ketidakpastian dan kepuasan kerja tidak dapat mengintervening pengaruh konflik peran terhadap stress kerja. Kesimpulan yang didapat adalah hipotesis pertama sampai hipotesis ke empat yang diajukan ternyata semuanya mendukung. Hal ini mengindikasikan bahwa konflik peran dapat berpengaruh langsung terhadap stres kerja dan berpengaruh tidak langsung melalui ketidakpastian serta kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM.24/13 Nug p
Uncontrolled Keywords: Konflik Peran, Ketidakpastian, Kepuasan Kerja dan Stres Kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Mohammad Anung Edy Nugroho, 041141002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNuri Herachwati, Dra.,Ec.,M.Si.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2015
Last Modified: 29 Aug 2016 03:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item