PENYUSUNAN STRATEGI BISNIS DAN STRATEGI OPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA PERUSAHAAN KONVEKSI SCISSORS DI SURABAYA

MOCHAMAD AMMAR FARUQ, 040912270 (2015) PENYUSUNAN STRATEGI BISNIS DAN STRATEGI OPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA PERUSAHAAN KONVEKSI SCISSORS DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2015-faruqmocha-37617-5.abstr-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-faruqmocha-37617-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berkembangnya era globalisasi memberikan dampak persaingan bisnis yang semakin ketat pada berbagai sektor tidak terkecuali pada sektor Usaha kecil dan Menengah (UKM). Perusahaan diharuskan untuk melakukan penyusunan strategi bisnis dan strategi operasi yang baik untuk memberikan dampak positif bagi para pelaku UKM dalam menghadapi persaingan bisnisnya. Hal ini menarik untuk diteliti dan dikaji bagaimana penyusunan strategi bisnis dan strategi operasi memberikan daya saing yang unggul bagi perusahaan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptifeksploratif. Penelitian ini tidak memerlukan hipotesis atau teori tertentu tetapi hanya menyiapkan beberapa pertanyaan sebagai penuntun untuk memperoleh data primer berupa keterangan dan informasi yang merupakan data awal yang diperlukan. Obyek penelitian ini adalah salah satu UKM konveksi bernama Konveksi Scissors yang terletak pada Jl. Simorejo 6 Surabaya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis konten atau analisis isi, dan matriks sebagai instrumen. Matriks yang digunakan dalam analisis data ini adalah matriks External Factor Evaluation (EFE), Internal Factor Evaluation (IFE), Competitive Profile Matrix (CPM), Strengths-Weaknesses- Opportunities-Threats (SWOT), Grand Strategy, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Teknik triangulasi sebagai uji konsistensi sumber terhadap data serta strategi operasi berdasarkan buku Manajemen Operasi dari Roger G. Schroeder Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi bisnis yang tepat bagi Konveksi Scissors adalah strategi pengembangan produk untuk variasi dan desain produk sedangkan strategi operasi yang tepat dan mendukung adalah strategi inovator produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 207/15 Far p
Uncontrolled Keywords: BUSINESS STRATEGY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
MOCHAMAD AMMAR FARUQ, 040912270UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Hj. Indrianawati Usman, SE., MSc, Dr., SE., MScUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 10 Jul 2015 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 07:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item