EROTISME PEREMPUAN PADA IKLAN (Studi Semiotika Erotisme Perempuan Pada Beberapa Iklan "Durex")

Adjeng Rachma Orchidifa, 071148002 (2013) EROTISME PEREMPUAN PADA IKLAN (Studi Semiotika Erotisme Perempuan Pada Beberapa Iklan "Durex"). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-orchidifaa-30362-4.abst-k.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-orchidifaa-30362-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang fenomena perempuan dan erotisme yang terdapat pada sebuah iklan. Saat ini, model perempuan sering digunakan dalam berbagai macam produk iklan. Iklan yang menggambarkan tubuh perempuan sebagai obyek jual dari sebuah iklan. Dimana iklan-iklan saat ini lebih sering menggunakan perempuan dan „tubuh‟nya serta unsur erotisme sebagai barang dagangan untuk menjual produk-produk mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis makna-makna konotasi ikon dalam iklan Durex edisi bulan Juli, Oktober dan Desember 2012 dan menganalisis simbol-simbol erotisme yang direpresentasikan dalam iklan Durex . Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori semiotika Rolland Barthes, dimana peneliti meneliti makna-makna konotasi dan denotasi iklan, serta simbol-simbol erotisme perempuan yang ada pada iklan Durex. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik untuk merepresentasikan simbol-simbol pada tubuh perempuan yang mengarah pada unsur erotisme. Teknik analisis data ini adalah berupa satuan teks atau gambar pada iklan yang mengandung erotisme di dalamnya Berdasarkan analisis makna-makna konotasi dan simbol-simbol erotisme yang ada, dapat disimpulkan bahwa erotisme selalu berkaitan dengan perempuan-perempuan yang dikomodifikasi tidak lagi mengindahkan aturan-aturan adat yang berlaku di bangsa Indonesia. Produk iklan pria dewasa selalu dikaitkan dengan perempuan dan erotisme untuk menarik perhatian para pembacanya. Kata kunci : Semiotika, Iklan, Perempuan dan Erotisme

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.08/14 Orc e
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Iklan, Perempuan dan Erotisme
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Adjeng Rachma Orchidifa, 071148002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra., M.Comms., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 30 Aug 2016 10:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38578
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item