PENGARUH ORIENTASI STRATEGIS DAN ABSORPTIVE CAPACITY TERHADAP KINERJA PEMASOK OTOMOTIF: EFEK MODERASI IKLIM PEMBERDAYAAN

RATIH AGUSTINA, 041141030 (2014) PENGARUH ORIENTASI STRATEGIS DAN ABSORPTIVE CAPACITY TERHADAP KINERJA PEMASOK OTOMOTIF: EFEK MODERASI IKLIM PEMBERDAYAAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-agustinara-30393-6.abstr-k.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-agustinara-30393-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesuksesan Grup Astra sebagai kelompok perusahaan otomotif terbesar di Indonesia tak lepas dari peran pemasok yang berkontribusi dalam hubungan kemitraan pembeli dan pemasok (buyer-supplier). Pemasok berupaya meningkatkan kualitasnya dengan melakukan pembelajaran organisasional melalui konsep absorptive capacity. Hasil pembelajaran yang dilakukan pemasok bisa menjadi sebuah sumber daya penting untuk penciptaan nilai, dalam hal ini kinerja pemasok. Menggunakan perspektif orientasi strategis, penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa pemasok yang mengedepankan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan akan lebih mudah dalam menyerap, memproses dan memanfaatkan pengetahuan baru (melalui absorptive capacity) karena lebih peka terhadap perubahan serta lebih berani menghadapi resiko. Di sisi lain, upaya pemberdayaan yang dilakukan Grup Astra secara konsisten kepada pemasok telah menjadi sebuah corporate value. Persepsi pemasok terhadap upaya pemberdayaan Grup Astra, membentuk sebuah iklim pemberdayaan yang dapat menguatkan atau justru melemahkan peran absorptive capacity terhadap kinerja pemasok. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan Partial Least Square. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 87 pemasok Grup Astra di Jawa menggunakan teknik purposive sampling, penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi strategis mempengaruhi absorptive capacity pemasok. Selanjutnya, absorptive capacity terbukti berpengaruh terhadap kinerja pemasok, namun tidak terbukti dimoderasi oleh iklim pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSM. 03/14 Agu p
Uncontrolled Keywords: Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Absorptive Capacity, Empowerment Climate, Supplier Performance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601-5725 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RATIH AGUSTINA, 041141030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 30 Aug 2016 09:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38590
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item