PENERJEMAHAN RENCANA STRATEGIS MENJADI PROGRAM/KEGIATAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA DAN AKUNTABILITAS DINAS LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN PROVINSI JAWA TIMUR

Wahyudi, 090610301 L (2014) PENERJEMAHAN RENCANA STRATEGIS MENJADI PROGRAM/KEGIATAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA DAN AKUNTABILITAS DINAS LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN PROVINSI JAWA TIMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-wahyudi-30448-4.abst-k.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-wahyudi-30448-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan sektor publik di Indonesia dewasa ini diawali dengan menguatnya tuntutan akuntabilitas atas lembaga-lembaga publik, baik di pusat maupun daerah agar lebih efisien dan efektif dalam penggunaan sumber daya. Terbitnya Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mewajibkan setiap instansi pemerintah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan negara untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya serta kewenangan pengelolaan sumber daya dengan didasarkan suatu perencanaan. Anggaran merupakan artikulasi dari hasil perumusan strategi, tahap penganggaran menjadi sangat penting karena anggaran yang tidak efektif dan tidak berorientasi pada kinerja akan dapat menggagalkan perencanaan yang sudah disusun. penyusunan rencana strategi yang asalan saja, dan tidak memuat fase implementasi dan evaluasinya dengan benar. tentunya tidak mempunyai arti yang substantif dalam hal akuntabilitas. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk : a. Mengetahui tingkat pemahaman penyusun program/kegiatan terkait dengan rencana strategis Dinas LLAJ Propinsi Jawa Timur; b. Mengetahui metode yang digunakan dalam menjabarkan rencana strategis menjadi program/kegiatan; c. Mengetahui pengukuran kinerja sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan; d. Memberi masukan mengenai upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam menterjemahkan rencana strategi. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa a Pernyataan Visi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur masih belum/tidak dapat memberikan gambaran secara jelas mengenai tingkat keberhasilan yang ingin dicapai; b. Pernyataan Misi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur belum dapat memperlihatkan pentingya keberadaan Dinas; c. Penyusunan dokumen rencana strategi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur belum sesuai dengan apa yang diharapkan; d. Realisasi anggaran yang tidak efektif dan tidak berorientasi pada kinerja; e. Target kinerja Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur belum terukur atau masih berbentuk kualitatif bukan kuantitatif; f. Tidak tersedianya data yang digunakan sebagai dasar dalam menentukan tingkat capaian suatu program/kegiatan.. Saran tindak lanjut dari hasil penelitian ini adalah : a. Perlu disusun kembali Visi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur; b. Misi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur perlu disusun kembali; c. Penyusunan kembali Tujuan, Sasaran dan Strategi Dinas; d. Penyusunan rencana strategi perlu menggunakan pedoman literatur yang ada ; e. Target kinerja Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur harus berupa ukuran kuantitatif; f. Rencana Strategi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur perlu dilengkapi dengan data yang digunakan sebagai dasar dalam menentukan target kinerja..

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA.05/14 Wah p
Uncontrolled Keywords: Rencana Strategi, Target, Program/Kegiatan, Anggaran, Balanced Scorecard
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Wahyudi, 090610301 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Tjahjadi, Dr., SE, MBA, Ak., CPM., CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 00:28
Last Modified: 05 Jul 2017 17:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item