PERANCANGAN EXPERT SYSTEM PADA PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI DENGAN VISUALISASI MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD (STUDI KASUS PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM PROVINSI JAWA TIMUR)

SYAMSUL HIDAYAT, 041142046 (2014) PERANCANGAN EXPERT SYSTEM PADA PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI DENGAN VISUALISASI MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD (STUDI KASUS PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM PROVINSI JAWA TIMUR). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-hidayatsya-30453-4.abst-k.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-hidayatsya-30453-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penilaian kesehatan koperasi merupakan salah satu bentuk pengukuran terhadap kinerja Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang dilakukan oleh tim penilai kesehatan. Minimnya jumlah SDM kompeten yang ada pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dan perbedaan tingkat kemampuan dapat menyebabkan waktu penyelesaian yang lama, sehingga berdampak pada minimnya pencapaian jumlah koperasi yang telah dinilai. Kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan expert system yang mengekstrak pengetahuan penilaian kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancangan expert system penilaian kesehatan KSP yang berpedoman pada Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI tahun 2008 yang disempurnakan tahun 2009 dengan visualisasi menggunakan sistem dashboard. Metodologi yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif eksploratoris dengan pendekatan studi kasus. Pada penelitian ini berhasil menyusun rancangan expert system penilaian kesehatan KSP sampai pada tahap prototype. Rancangan knowledge base berisi pengetahuan penilaian kesehatan KSP yang berasal dari Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI yang direpresentasikan dalam bentuk rule base. Inference engine sebagai otak dari expert system dirancang menggunakan bahasa pemrograman yang support dengan basis web, dengan media penyimpanan database menggunakan MySQL, dan sistem operasi Windows. Perancangan user interface menggunakan tampilan berbasis web dengan visualisasi menggunakan performance dashboard. Berdasarkan survey yang dilakukan kepada pengelola koperasi sebagai pemakai, keseluruhan responden menyatakan bahwa sistem tersebut dapat membantu proses penilaian kesehatan dan mudah dioperasikan dengan waktu penyelesaian yang relatif cepat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA.09/14 Hid p
Uncontrolled Keywords: Koperasi Simpan Pinjam, penilaian kesehatan koperasi, expert system,performance dashboard
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
SYAMSUL HIDAYAT, 041142046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDebby Ratna Daniel, Dr., rer., pol., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 20 Jun 2017 16:33
Last Modified: 20 Jun 2017 17:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item