ANALISIS INTERNAL BUSINESS PROCESS DOCUMENTARY COLLECTION DAN DISCOUNT OF COLLECTION BILLS EXPORT ( NWE ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA (Studi Kasus pada PT Bank X, Tbk di Surabaya)

ELINA SUYANTO, 041142026 (2014) ANALISIS INTERNAL BUSINESS PROCESS DOCUMENTARY COLLECTION DAN DISCOUNT OF COLLECTION BILLS EXPORT ( NWE ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA (Studi Kasus pada PT Bank X, Tbk di Surabaya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-suyantoeli-30457-4.abst-i.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-suyantoeli-30457-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Internal Business Process Documentary Collection dan Discount Of Collection Bills Export (NWE) pada Bank X di Surabaya mengalami masalah pada kualitas layanan. Investigasi awal dilakukan dengan menyebarkan 30 kuesioner pada tanggal 8 Juli 2013 yang hasilnya menunjukkan pelayanan transaksi ekspor berada di posisi nilai interval rata-rata sebesar 2.57 dengan Konversi Indeks Kepuasan Nasabah sebesar 51.4 (Kurang Memuaskan). Pengukuran kedua dengan six sigma dimana hasil sigma level diangka 2,05 yang mengindikasikan bahwa perlunya perbaikan untuk mencapai kapabilitas proses yang tinggi. Sasaran perbaikan dijelaskan pada fishbone yaitu berupa flowchart sistem perbaikan, design dokumen terkait, dan design sistem informasi. Trade Management System (TMS) dirancang sebagai bentuk rekomendasi perbaikan sistem kualitas layanan ekspor di Bank X. Sistem ini diharapkan akan membantu user dalam : Memperoleh data dengan cepat, Memperpendek alur transaksi, Menghilangkan aktivitas yang tidak bernilai tambah, Mengurangi resiko operasional, Membantu BWMK untuk melakukan confirm transaksi dimana saja, dan Membantu nasabah melakukan penelusuran proses transaksi trade di Bank X. Perhitungan nilai sigma dilakukan kembali untuk proses yang direkomendasikan dan nilai sigma yang dihasilkan sebesar 3,01 berarti mengalami peningkatan dibandingkan nilai sigma sebelumnya (2,05) sedangkan nilai DPMO menurun dari 290,640 menjadi 65,764 dimana standar sigma perusahaan di Indonesia adalah 2,0. Peningkatan ini menjelaskan bahwa terjadi peningkatan kualitas layanan pada internal business process documentary collection and discount of collection bills export (NWE) di Bank X setelah adanya perbaikan sistem yang ditawarkan. Hasil pengolahan indeks kepuasan nasabah menunjukan nilai interval rata-rata sebesar 3,05333 dengan konversi indeks kepuasan nasabah sebesar 61,06667 dimana terjadi peningkatan persepsi nasabah dari kurang memuaskan menjadi cukup memuaskan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA. 11/14 Suy a
Uncontrolled Keywords: Internal Business Process, Six Sigma, Kepuasan Nasabah, Kualitas Layanan, Trade Management System
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELINA SUYANTO, 041142026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDebby Ratna Daniel, Dr., rer., pol., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 30 Aug 2016 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item