PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PESERTA SURVEI CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX

TRUELY PURNAMA SARI, 041142052 (2014) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PESERTA SURVEI CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-saritruely-30463-4.abst-k.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-saritruely-30463-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) dapat menyelaraskan kepentingan antara manajemen dengan pemilik perusahaan, sehingga manajemen akan bekerja lebih efektif dan efisien dalam menghasilkan profit bagi perusahaan. Selain itu, hal tersebut juga akan meningkatkan kualitas laporan keuangan, sehingga kepercayaan publik terhadap laporan keuangan sebagai sarana pengukuran kinerja perusahaan juga meningkat. Di sisi lain, meningkatnya profitabilitas dan kepercayaan publik dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini menguji kembali pengaruh GCG terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Indikator GCG yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Governance Perception Index (CGPI) dan keberhasilan meraih Annual Report Award (ARA). Kinerja keuangan diukur dengan Return On Assets (ROA), sedangkan nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q. Selain itu, penelitian ini menggunakan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Sampel penelitian ini adalah 98 perusahaan go public yang menjadi peserta survei CGPI pada tahun penyelenggaraan 2007-2012. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa CGPI dan keberhasilan meraih ARA berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Disisi lain, CGPI tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, tetapi kinerja keuangan dan keberhasilan meraih ARA berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Baik CGPI maupun keberhasilan meraih ARA berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan mediasi kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA.14/14 Sar p
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, kinerja keuangan, nilai perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
TRUELY PURNAMA SARI, 041142052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSedianingsih, Dr., S.E., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 30 Aug 2016 04:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38611
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item