ANALISIS BRAND POSITIONING "GUPALAS" DALAM PASAR GULA KEMASAN DI SURABAYA

BUDI MARYONO, 041141052 (2014) ANALISIS BRAND POSITIONING "GUPALAS" DALAM PASAR GULA KEMASAN DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-maryonobud-30506-5.abstr-i.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-maryonobud-30506-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Positioning berhubungan dengan menciptakan persepsi brand di benak konsumen dengan menciptakan diferensiasi dari para pesaing dan memenuhi kebutuhan/keinginan pelanggan. Dari konsep tersebut disusunlah kerangka konseptual brand positioning berdasarkan persepsi pelanggan. Penelitian bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Brand positioning berdasarkan persepsi konsumen pada gupalas dalam pasar gula kemasan di Surabaya. Data primer dikumpulkan sebanyak 100 sampel dari konsumen gula. Pendekatan statistik multivariat, seperti Multidimensional Scaling (MDS), diterapkan untuk menciptakan peta perceptual dengan menggunakan aplikasi SPSS. Dilakukan consumer intercept survey pada 30 orang untuk mengetahui atribut-atribut yang digunakan dalam menerapkan perceptual mapping. Pada penelitian ini peneliti mencoba melakukan analisis brand positioning produk Gupalas ditinjau dari persepsi konsumen. Ditemukan terdapat 10 atribut produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian gula yang diuji pada 5 merek gula kemasan. Hasil analisis brand positioning dari MDS dianjutkan pada penerapan strategi PCDL sebagai saran peneitian yang terdiri dari 4 unsur, yaitu, positioning the brand, communicating the brand message, delivering the brand performance, dan leveraging the brand equity.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSM. 12/14 Mar a
Uncontrolled Keywords: Brand Positioning, Multidimensional Scaling (MDS), Customers Perception, Differenttiation, Perceptual Mapping
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BUDI MARYONO, 041141052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Hartini, Dr., S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 30 Aug 2016 04:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38614
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item