PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP ABSORPTIVE CAPACITY DAN INOVASI SUPPLIER DALAM INDUSTRI OTOMOTIF: EFEK MODERASI IKLIM PEMBERDAYAAN

AGITYA KUSUMA KAMALALYA, 041141024 (2014) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP ABSORPTIVE CAPACITY DAN INOVASI SUPPLIER DALAM INDUSTRI OTOMOTIF: EFEK MODERASI IKLIM PEMBERDAYAAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-kamalalyaa-30508-6.abstr-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-kamalalyaa-30508-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber pengetahuan yang berasal baik dari internal maupun eksternal perusahaan seringkali menjadi hal yang penting dalam proses inovasi. Orientasi pasar yang dimiliki perusahaan akan membentuk market intelligence yang didapatkan dari pesaing dan pelanggan, serta bagaimana mendiseminasikannya. Pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya bisa membentuk absorptive capacity, yakni kapabilitas untuk mengenali nilai sebuah informasi baru, mengasimilasikan, dan mengaplikasikannya dalam sebuah inovasi. Iklim pemberdayaan diharapkan semakin memperkuat inovasi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap absorptive capacity yang dimiliki oleh pemasok dan pengaruh absorptive capacity terhadap inovasi yang dimiliki perusahaan. Dilihat pula apakah iklim pemberdayaan yang diciptakan oleh Astra memberikan efek moderasi. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan implikasi bagi Astra untuk terus meningkatkan hubungan dengan para pemasok. Studi dilakukan melalui survey terhadap perusahan-perusahaan pemasok PT Astra Internasional, Tbk. (Astra). Sebagai teknik pengukuran, digunakan Partial Least Square (PLS). Penelitian dilakukan terhadap 87 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSM. 14/14 Kam p
Uncontrolled Keywords: market orientation, potential absorptive capacity, realized absorptive capacity, empowerment climate, supplier innovation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601-5725 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
AGITYA KUSUMA KAMALALYA, 041141024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 30 Aug 2016 04:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38616
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item