PROSES KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENERBANGAN DENGAN FOLLOWER MELALUI TWITTER

Vita Monica, 071148013 (2013) PROSES KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENERBANGAN DENGAN FOLLOWER MELALUI TWITTER. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-monicavita-30523-7.abstr-k.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-monicavita-30523-halamandepan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-monicavita-30523-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-monicavita-30523-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan industri penerbangan serta semakin tingginya persaingan di bidang tersebut, memaksa perusahaan menemukan cara baru untuk dapat bersentuhan langsung dengan pelanggan. Perusahaan memanfaatkan teknologi sosial media yang memiliki kemampuan berinteraksi secara real-time. Twitter adalah sosial media yang digunakan oleh perusahaan penerbangan untuk melakukan proses komunikasi dengan pelanggan. Proses komunikasi yang dilakukan perusahaan melalui Twitter adalah mengirimkan pesan kepada pelanggan, selanjutnya pelanggan memberikan tanggapan kepada perusahaan. Percakapan yang terjadi tersebut menjadi bagian penting ketika perusahaan memutuskan untuk membina hubungan dengan pelanggan melalui Twitter. Analisis isi digunakan untuk mengetahui isi dari tweet yang diposting oleh perusahaan dan feedback yang diberikan oleh follower. Subyek dalam penelitian ini Garuda Indonesia, AirAsia Indonesia, Merpati Nusantara Airlines, dan Tigerair Mandala. Waktu pelaksanaan penelitian ini bulan Juni-Agustus 2013. Dalam penelitian ini, diketahui pemanfaatan Twitter dalam melakukan proses komunikasi antara perusahaan penerbangan dengan follower paling banyak digunakan untuk penyelesaian masalah, melakukan promosi, serta memberikan informasi seputar perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSK. 14/14 Mon p
Uncontrolled Keywords: communications process, social media, Twitter, airlines, customer
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Vita Monica, 071148013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHenry Subiakto, Dr., S.H., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 10 Jul 2017 21:19
Last Modified: 10 Jul 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38625
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item