EFEKTIVITAS BIOFERTILIZER DAN NPK DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP SERAPAN HARA, PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L var. tymoti)

Mazidatul Faizah, 081041005 (2014) EFEKTIVITAS BIOFERTILIZER DAN NPK DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP SERAPAN HARA, PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L var. tymoti). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-faizahmazi-31190-9.abstr-k.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-faizahmazi-31190-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian biofertilizer, pupuk NPK dan kombinasi biofertilizer dengan pupuk NPK dengan dosis yang berbeda dalam meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman Tomat (Solanum lycopersicum L.var. tymoti). Penanaman dilakukan di lahan pertanian Desa Denanyar Jombang Kabupaten Jombang Jawa Timur bulan September 2013 – November 2013. Penelitian ini bersifat eksperimental menggunakan Rancangan acak lengkap dengan faktorial 5x3 yang terdiri dari dua faktor. Faktor A yaitu konsentrasi biofertilizer dengan 5 taraf (0,5, 10, 15, 20 mL) dan faktor B yaitu NPK dengan 3 taraf (0%, 50%, 75%) sehingga diperoleh 15 kombinasi perlakuan serta kontrol positif (NPK 100%) di mana setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter pertumbuhan meliputi tinggi tanaman, panjang akar, berat basah daun, berat basah batang, berat basah akar, berat kering daun, berat kering batang, berat kering akar dan serapan hara pada daun. Parameter produksi meliputi jumlah buah dan berat buah. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji ANAVA jika terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian biofertilizer, pupuk NPK, kombinasi biofertilizer dan pupuk NPK berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman tomat. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk NPK dengan dosis 50% dan pemberian biofertilizer dengan volume 20 mL/tanaman berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman tomat, serta kombinasi biofertilizer 20 mL + NPK 50% berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman tomat (Solanum lycopersicum L var. tymoti).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC. KK TB. 04/14 Fai e
Uncontrolled Keywords: Tomato (Solanum lycopersicum L.var. tymoti), biofertilizer, NPK.
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD146-197 Inorganic chemistry
S Agriculture > SB Plant culture > SB1-1110 Plant culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi (S2)
Creators:
CreatorsNIM
Mazidatul Faizah, 081041005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini Surtiningsih, Dr., DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorH. Hery Purnobasuki, Drs., M.Si., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 30 Aug 2016 01:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38643
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item