ANALISIS PENGGUNA DAN BUKAN PENGGUNA E-MONEY DI SURABAYA

BAGUS INDRAJAYA, 041143074 MM (2014) ANALISIS PENGGUNA DAN BUKAN PENGGUNA E-MONEY DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-indrajayab-31545-9.abstr-k.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-indrajayab-31545-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan e-money di Indonesia yang jauh dari potensi yang ada. Meski telah dikembangkan sejak 2007, nilai transaksi e-money di seluruh Indonesia pada tahun 2012 hanya sebesar Rp 1,97 triliun sedangkan potensi yang ada di kota Jakarta saja sebesar Rp 24 triliun. Salah satu penyebabnya adalah diduga adanya kesalahan dalam menetapkan target pasar pengguna potensial e-money sehingga e-money tidak berkembang seperti yang diharapkan. Selanjutnya, atas dasar dugaan tersebut, dalam penelitian ini akan dilakukan analisis terhadap pengguna dan bukan pengguna e-money, ditinjau dari beberapa indikator yaitu Sosial Ekonomi Status, kemampuan mengadopsi produk baru, motif, perilaku pembayaran, dan pengaruh lingkungan. Juga akan dianalisis faktor-faktor yang menyebabkan keengganan menggunakan e-money. Hasil analisis menunjukkan adanya beberapa perbedaan pada pengguna e-money dan bukan pengguna e-money pada masing-masing indikator. Sementara itu, faktor-faktor yang menimbulkan keengganan menggunakan e-money adalah karena membandingkan dengan alat pembayaran lain, ketidaksesuaian fitur dengan harapan, terbatasnya merchant yang bisa menerima, promosi yang belum optimal, adanya proses top up, adanya salah satu fungsi kartu kredit yang bisa diangsur, dan ketersediaan uang tunai yang masih mudah didapat terutama melalui penarikan tunai di ATM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 MM. 14/14 Ind a
Uncontrolled Keywords: e-money, non-cash payment instrument, socio-economic status, top up, payment behavior
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1710-1710.5 Electronic funds transfers
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BAGUS INDRAJAYA, 041143074 MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGancar Candra Premananto, Dr., S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 29 Aug 2016 03:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item