HARMONISASI PRINSIP IJBARI DALAM MUSYAWARAH PEMBAGIAN WARISAN BAGI UMAT MUSLIM

ANA WAHYUNINGSIH, 031142019 (2013) HARMONISASI PRINSIP IJBARI DALAM MUSYAWARAH PEMBAGIAN WARISAN BAGI UMAT MUSLIM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-wahyunings-31604-6.abstr-k.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-wahyunings-31604-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perihal kewarisan di Indonesia dewasa ini masih terdapat beraneka ragam sistem hukum yang mengatur mengenai kewarisan bagi warga negaranya. Hal ini tidak lepas dari masih berpengaruhnya sistem hukum di Indonesia oleh hukum Pemerintah Hindia Belanda. Pembagian warisan khusus untuk ummat muslim diatur tersendiri dalam Kompilasi Hukum Islam. Tesis ini memfokuskan pada harmonisasi prinsip ijbari dalam musyawarah pembagian warisan bagi umat muslim. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa penerapan asas ijbari atau peralihan harta seseorang yang telah meninggal dunia kepada yang masih hidup dengan sendirinya, maksudnya tanpa ada perbuatan hukum atau pernyataan kehendak dari si pewaris, bahkan si pewaris (semasa hidupnya) tidak dapat menolak atau menghalang-halangi terjadi peralihan tersebut dalam pembagian warisan dalam hukum Islam dikatakan adil apabila didasarkan atas Al Quran dan Hadits, yaitu ahli waris anak laki-laki mendapatkan 2 bagian, sedangkan anak perempuan mendapatkan 1 bagian. Kedua, pembagian tersebut dirasa adil karena didasarkan pada Al Quran dan Hadits, namun dalam pelaksanaan pembagian masih dapat dikesampingkan dengan cara musyawarah antar ahli waris untuk saling mengiklaskan dari bagian yang seharusnya diterimanya atau menerima sesuai dengan bagiannya. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan pembagian harta warisan dalam hukum Islam masih dapat diabaikan dengan berbagai alternatif yaitu dengan musyawarah hingga didapat suatu kesepakatan .

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK. 25/14 Wah h
Uncontrolled Keywords: harmonization, division of inheritance, basic Ijbari
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB632-636.2 Inheritance and succession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
ANA WAHYUNINGSIH, 031142019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Shomad, Dr., Drs., S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 26 Aug 2016 08:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38692
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item