PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN DENGAN KONSEP STRATEGY MAPS DAN BALANCED SCORECARD DI PT PAL MARINE SERVICE

SUYANTO, 041143059 (2014) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN DENGAN KONSEP STRATEGY MAPS DAN BALANCED SCORECARD DI PT PAL MARINE SERVICE. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-suyanto-31954-10.abst-k.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-suyanto-31954-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pengukuran kinerja manajemen di PT Pal Marine Service yang masih terbatas pada ukuran-ukuran finansial dan belum memperhatikan ukuran-ukuran nonfinansial, penelitian ini berusaha untuk memetakan permasalahan yang dihadapi PT Pal Marine Service dari berbagai perspektif dan keterkaitannya yang selanjutnya menyelesaikannya dengan konsep strategy map dan balanced scorecard. Dengan terciptanya sistem pengukuran kinerja manajemen yang berbasis strategy map dan balanced scorecard maka dapat terumuskan sistem “dashboard” yang dapat menunjukkan posisi perusahaan dari waktu ke waktu dan progress yang dicapainya, serta pencapaian sasaran yang “manageable” dan “achievable”, yang pada akhirnya pengukuran kinerja perusahaan menjadi lebih terukur dan komprehensif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana rancangan sistem pengukuran kinerja manajemen yang sesuai dengan konsep strategy map dan balanced scorecard di PT Pal Marine Service. Penyusunan tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratoris dengan metode case study, sumber data diperoleh dari studi dokumentasi, studi lapangan, dan wawancara dengan key informan PT Pal Marine Service. Teknik analisis dari penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi nine steps to successTM framework for building and implementing a balanced scorecard yang diperkenalkan oleh Rohm danHalbach(2005). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa sesuai strategy map PT Pal Marine Service memiliki tema utama strategi (strategic theme) yaitu strategi efisiensi (efficiency strategy) dan strategi berbenah (turn around strategy), sehingga tolok ukur yang sebaiknya dijadikan patokan untuk keberhasilan pencapaian sasaran strategi harus berhubungan dengan strategi tersebut. Dan berdasarkan rancangan peta strategi berbasis pada balanced scorecard dapat diketahui sasaran strategis untuk tiap-tiap perspektif sebagai berikut, perspektif keuangan, terdiri dari sasaran strategis yaitu profitability, cost efficiency, asset utilization, increase revenue,dan restructurization. Untuk perspektif pelanggan, terdiri dari sasaran strategis yaitu retensi pelanggan, akuisisi pelanggan, dan customer satisfaction. Untuk perspektif proses bisnis internal, terdiri dari sasaran strategis yaitu plan maintenance system,strategic partnership, efektifitas dan efisiensi operasi, dan kesehatan, keselamatan, dan lingkunganatau health safety and environtment (HSE). Dan untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, terdiri dari sasaran strategis yaitu human capital, information capital, dan organizational capital.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 MM. 10/14 Suy p
Uncontrolled Keywords: performance measurements system, strategy maps, balanced scorecard
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SUYANTO, 041143059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBasuki, Drs., M.Com(Hons)., Ph.D., Ak., CMAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 26 Aug 2016 06:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item