AKIBAT HUKUM KEPAILITAN TERHADAP HARTA BENDA DEBITOR PAILIT YANG TERIKAT PERJANJIAN TRUST/NOMINEE

VALENTINO REVOL KOROMPIS, 031214253043 (2014) AKIBAT HUKUM KEPAILITAN TERHADAP HARTA BENDA DEBITOR PAILIT YANG TERIKAT PERJANJIAN TRUST/NOMINEE. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-korompisva-32108-5.abstr-k.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-korompisva-32108-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan investasi yang terjadi di Indonesia yang terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini mengakibatkan banyak warganegara asing yang melakukan pembelian tanah di Indonesia dengan tujuan investasi maupun sebagai tempat tinggal. Yang menjadi permasalahan adalah ketika tanah yang dibeli berstatus hak milik dan pembelian dilakukan dengan cara meminjam nama warga negara Indonesia (WNI) atau yang lebih dikenal dengan perjanjian trust/nominee. Hal ini menjadi permasalahan ketika trustee/nominee warga negara asing tersebut dinyatakan pailit dan tanah yang terikat perjanjian trust/nominee masuk menjadi boedel pailit dari debitor pailit. Untuk menyikapi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu perkembangan hukum yang mengatur mengenai hal tersebut. Masalah hukum yang diangkat dalam penelitian tesis ini adalah : (1) keabsahan dimasukannya harta benda yang terikat perjanian trust/nominee ke dalam boedel pailit debitor pailit dan (2) upaya-upaya hukum yang diberikan kepada warga negara asing untuk mengeluarkan harta miliknya yang masuk dalam boedel pailit debitor pailit. Penelitian hukum ini menggunakan tipe penelitian normatif dengan pendekatan pendekatan perundang-undangan (statue approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), dan pendekatan kasus (case approach) serta mengacu kepada bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Penemuan dari penelitian ini adalah (1) Seluruh harta benda debitor pailit masuk menjadi boedel pailit khususnya untuk harta berupa tanah meskipun terikat perjanjian trust/nominee, selama sertipikat atas tanah mencantumkan nama debitor pailit sebagai pemilik yang sah maka tetap dapat dimasukkan ke dalam boedel pailit debitor pailit, (2) Terdapat beberapa upaya hukum yang dapat dilakukan oleh warganegara asing untuk mengeluarkan harta benda miliknya dari boedel pailit yaitu dengan mengajukan pembatalan Sertipikat Hak Milik, mengajukan diri masuk menjadi kreditor dari debitor pailit, mengajukan gugatan Perbuatan Melawan Hukum terhadap kurator atau mengajukan perlawanan terhadap putusan pernyataan pailit yang memasukkan harta benda miliknya ke dalam boedel pailit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK. 33/14 Kor a
Uncontrolled Keywords: Insolvency, Nominee, Foreigner
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K830-968 Obligations > K840-917 Contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
VALENTINO REVOL KOROMPIS, 031214253043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Hadi Shubhan, Dr., S.H., M.H., CNUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 25 Aug 2016 10:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38718
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item