HUBUNGAN ANTARA PERFORMA FISIK DENGAN KEMAMPUAN FUNGSI MOBILITAS PADA INDIVIDU STROKE ISKEMIA RAWAT JALAN DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

Istinganah Noviana (2014) HUBUNGAN ANTARA PERFORMA FISIK DENGAN KEMAMPUAN FUNGSI MOBILITAS PADA INDIVIDU STROKE ISKEMIA RAWAT JALAN DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-novianaist-32269-6.abstr-k.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-novianaist-32269-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Disfungsi motorik merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi setelah terkena serangan stroke dan berkaitan erat dengan terbatasnya fungsi mobilitas. Salah satu alat untuk mengukur motor impairment adalah skala Fugl Meyer Assessment (FMA), sedangkan uji yang direkomendasikan untuk mengukur fungsi mobilitas adalah Timed Up and Go Test (TUG). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara performa fisik berdasarkan FMA dengan kemampuan fungsi mobilitas berdasarkan TUG pada individu stroke iskemia rawat jalan di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode : Penelitian ini berdisain cross sectional study yang dilakukan pada 38 subyek stroke iskemia rawat jalan di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Semua subyek penelitian dilakukan pemeriksaan FMA dan TUG. Hasil : Hubungan antara skor total FMA dengan skor TUG, didapatkan nilai probabilitas yaitu p = 0,004 (p < 0,05) dengan nilai koefisien hubungan r = -0,459 sehingga didapatkan hubungan terbalik (negative correlation) antara skor total FMA dengan skor TUG. Skor motorik Anggota Gerak Bawah (AGB), skor total motorik dan skor keseimbangan juga memiliki hubungan tingkat sedang dengan skor TUG. Hubungan antara skor motorik Anggota Gerak Atas (AGA), skor sensasi, skor nyeri, skor luas gerak sendi pasif, yang masin-masing pada AGA dan AGB serta skor total sensasi, total nyeri, dan total luas gerak sendi pasif yang dihubungkan dengan skor TUG menunjukkan bahwa masing-masing penilaian tersebut tidak memiliki hubungan dengan skor TUG. Kesimpulan : Performa fisik (berdasarkan Fugl Meyer Assessment) memiliki hubungan berbanding terbalik dengan kemampuan fungsi mobilitas (berdasarkan Timed Up and Go Test) pada individu stroke iskemia rawat jalan di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDS. IFR 06/14 Nov h
Uncontrolled Keywords: Fugl Meyer Assessment, Timed Up and Go Test, ischemic stroke
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RC Internal medicine > RC475-489 Therapeutics. Psychotherapy
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Istinganah NovianaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHening Laswati, Dr., dr., Sp.KFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorRr. Indrayuni Lukita Wardhani, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 26 Aug 2016 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38740
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item