ANALISIS BUDAYA KONSUMEN PADA GENERASI BABY BOOMERS (ORANG TUA DAN ANAK) DALAM MENGONSUMSI PRODUK ELEKTRONIK RUMAH TANGGA DI KOTA KEDIRI

Donny Siedharta, 071214853005 (2014) ANALISIS BUDAYA KONSUMEN PADA GENERASI BABY BOOMERS (ORANG TUA DAN ANAK) DALAM MENGONSUMSI PRODUK ELEKTRONIK RUMAH TANGGA DI KOTA KEDIRI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-siedhartad-32978-9.abstr-k.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-siedhartad-32978-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertemakan budaya konsumen, dimana masyarakat diterpa berbagai produk dan iklan yang mempengaruhi pola pikir masyarakat. Budaya konsumen menurut Baudrillard, yang dikonsumsi bukan lagi use atau exchange value tetapi simbolik value. Fokus penelitian ini pada generasi baby boomers yang mengonsumsi produk elektronik rumah tangga dimana produk tersebut berkembang cepat dan memiliki value tinggi. Penelitian ini berusaha menjawab masalah penelitian yaitu bagaimana budaya konsumen generasi baby boomers (orangtua dan anak) dalam mengonsumsi produk elektronik rumah tangga di kota Kediri?. Dan bertujuan untuk memahami budaya konsumen, mengetahui variasi ragam budaya konsumen dan mengetahui hubungan antara konsumsi dengan identitas gender, usia dan pengaruhnya terhadap keluarga, iklan, teman dan toko terhadap konsumsi produk elektronik rumah tangga baby boomers di Kediri. Metode yang digunakan adalah InDepth Interview kepada 3 keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anaknya yang lahir dan tinggal di Kediri. Analisa interaktif yang memiliki 3 tahap yaitu data reduction, data display dan conslusion drawing digunakan untuk menganalisa hasil wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa iklan dan teman tidak memberikan pengaruh besar pada konsumsi baby boomers, pengaruh terbesar pertama datang dari keluarga, yang kedua dari pelayan dan pemilik toko. Pemilihan produk dan merek didominasi oleh perundingan dan pemilihan keluarga yang dipengaruhi etinisitas dan kelas sosial.. Durasi pemakaianpun sampai barang tersebut rusak. Secara umum penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi produk elektronik rumah tangga generasi baby boomers di Kediri belum terpengaruh oleh budaya konsumen, namun hal ini akan semakin kuat pengaruhnya di masa depan terutama kepada anak dan cucu generasi baby boomers.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK. 26-14 Sie a
Uncontrolled Keywords: Consumer culture, consumption, baby boomers generation
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800-8360 Electronics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Donny Siedharta, 071214853005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
ContributorIndro Kirono, Drs., Ec., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 25 Aug 2016 04:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item